DetikNews
Rabu 07 Maret 2018, 11:08 WIB

Penataan Jalan Sudirman, Sandiaga: Sebagian Pohon Dipindah-Ditebang

Indra Komara - detikNews
Penataan Jalan Sudirman, Sandiaga: Sebagian Pohon Dipindah-Ditebang Kondisi trotoar di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Konsep penataan Jalan Sudirman-MH Thamrin tidak hanya terkait trotoar. Penataan juga dilakukan terhadap pohon-pohon di sekitar area tersebut.

"Jadi sebagian besar dari pohon tersebut dipindahkan dan yang sudah rapuh dan membahayakan pada pengguna jalan, para pejalan kaki akan tentunya tidak dipindahkan, tetapi ditebang," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (7/3/2018).

Langkah tersebut diambil setelah diberi masukan oleh kepolisian. Alasan keselamatan pengguna jalan menjadi dasar Pemprov DKI menebang pohon yang membahayakan.




"Karena ini sekarang musim yang sangat ekstrem. Kita tidak mau ada korban dan saya mendapat masukan dari teman-teman di Kabareskim bahwa salah satu yang mereka khawatirkan, yang mereka lihat bahwa pohon-pohon yang sudah rapuh itu malah justru menimbulkan bahaya bagi pengguna jalan," paparnya.

"Jadi yang bisa kita pindahkan, kita pindahkan. Yang sudah tidak layak lagi, ya memang harus ditebang," lanjut Sandiaga.



Kawasan Sudirman-Tharmin akan dirombak secara menyeluruh. Mulai dari trotoar, pembagian jalur kendaraan, sampai pagar gedung perkantoran di kawasan tersebut. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan ingin menjadikan Sudirman-Thamrin sebagai tempat interaksi warga.

Di trotoar nantinya akan ada pusat kreasi budaya. Lantai trotoar juga akan dibuat dengan nuansa batik sampai ada panggung budaya.


(idn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed