DetikNews
Selasa 06 Maret 2018, 13:23 WIB

Sebagian Trotoar Sudirman-Thamrin Bakal Dibuat dari Kaca Transparan

Mochamad Zhacky - detikNews
Sebagian Trotoar Sudirman-Thamrin Bakal Dibuat dari Kaca Transparan Ilustrasi Jl Jenderal Sudirman-Jl MH Thamrin (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Beberapa titik di trotoar Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin akan terbuat dari bahan kaca. Kepala Dinas Bina Marga DKI Yusmada Faizal mengatakan trotoar yang beralaskan kaca itu akan dijadikan pusat edukasi.

"Di bawah (trotoar) itu kan ada pipa-pipa. Nah itu kita, (trotoar) itu kita buat transparan dengan kaca. Jadi orang belajar, oh itu lho pipa. Oh itu saluran. Kira-kira seperti itu," kata Yusmada di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (6/3/2018).

Yusmada menuturkan pusat edukasi diharapkan berguna untuk siswa-siswi sekolah dasar (SD). Pusat edukasi itu, menurut Yusmada, diinginkan Gubernur DKI Anies Baswedan.

"Ya itu kan ruang edukasi. Bila perlu aspal itu kita bikin kaca. Ini lho aspal jalan, buat anak-anak SD, ini lho aspal. Besok juga begitu, salurannya ada yang transparan. Ini yang Pak Gubernur tuh concern," ujar Yusmada.

Anies sebelumnya mengatakan desain baru trotoar Jalan Sudirman-MH Thamrin akan memanjakan para pejalan kaki. Trotoar tersebut akan dihiasi motif batik Nusantara dan panggung budaya.

"Sekali kita, menata harus bertahan untuk tahun-tahun yang akan datang. Dan fasilitas ini di sudut jalan, seperti di Patung Pemuda, akan menjadi tempat macam panggung kesenian dan budaya. Jalan ini awal menghidupkan kembali ruang ekspresi pasca-jam kantor atau istirahat," kata Anies dalam sosialisasi trotoar di Balai Kota, pagi tadi.
(zak/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed