Aplikasi Ujian Online di Satpas SIM Daan Mogot Alami Gangguan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 06 Mar 2018 12:38 WIB
Foto: Dok. Satpas SIM Daan Mogot
Jakarta - Pelayanan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, mengalami gangguan. Sistem ujian online yang sedang alami masalah tersebut tengah berusaha diatasi.

"Ya, betul. Ada gangguan di komputer ujian teori. Kami sudah berupaya berkoordinasi dengan Korlantas Polri karena aplikasi itu berbasis sentral, terpusat di Korlantas Polri," kata Kasie Satpas SIM Daan Mogot, Kompol Fahri Siregar, saat dihubungi, Selasa (6/3/2018).


Gangguan tersebut terjadi pada hari ini sejak sekitar pukul 09.00 WIB. Fahri hanya mengetahui sistem ini bermasalah di Satpas Daan Mogot.

"Sementara saya dapat informasi Satpas Daan Mogot saja," ucap Fahri.

Masyarakat yang sudah datang ke Satpas SIM harus menunggu sistem kembali pulih. Mereka diminta bersabar menunggu kepastian.


"Kita sudah mengimbau masyarakat agar bisa memilih, mau menunggu atau kembali. Kita persilahkan," kata Fahri.

Fahri sedang berupaya secepat mungkin untuk menyelesaikan masalah ini. Namun dia belum bisa memastikan kapan sistem ujian akan berjalan lagi. Hingga pukul 12.30 WIB, kondisi aplikasi ujian online yang mengalami gangguan belum pulih.

"Kita berupaya untuk koordinasi dengan Korlantas Polri agar bisa online," kata Fahri.

Akibat kejadian ini, masyarakat tidak bisa membuat SIM sampai gangguan ini selesai. Hal ini karena ujian dilakukan setelah tes kesehatan dan sebelum ujian praktek.

"Ya otomatis nggak bisa bikin SIM. Karena ujian materinya nggak bisa," ucap Fahri. (aik/jbr)