DetikNews
Selasa 06 Maret 2018, 07:59 WIB

Imigrasi Jakpus Panggil Istri Ian 'Bule Luntang-lantung' Hari Ini

Haris Fadhil - detikNews
Imigrasi Jakpus Panggil Istri Ian Bule Luntang-lantung Hari Ini Ian 'bule luntang-lantung' (Foto: Seysha Desnikia/detikcom)
Jakarta - Pihak Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat memanggil istri Ian Whiteley, bule Inggris yang sempat luntang-lantung di Tangerang, Banten hari ini. Surat pemanggilan disebut pihak Imigrasi telah dikirim ke alamat istri Ian.

"Sudah ada pemanggilan, surat sudah dikirim ke alamat istrinya tapi kita nggak tahu apakah ada di rumah atau nggak," kata Kepala Sub Seksi Penindakan Imigrasi Jakarta Pusat, Muhammad Deny Firmansyah saat dihubungi detikcom, Senin (5/3/2018) malam.


Rencananya, pihak Imigrasi akan bertanya apakah istrinya masih mau mensponsori Ian atau tidak. Hal tersebut berkaitan dengan izin tinggal Ian di Indonesia.

"Kita menanyakan sponsor dia saja. Artinya kita nggak masuk terlalu dalam, kalau dia berantam (Ian dan istrinya) itu urusan keluarga. Intinya apakah istrinya masih mau mensponsori atau tidak. Kalau dia mau cabut sponsornya ya silakan diajukan. (Sponsor) itu terkait izin tinggal suaminya," ujar Deny.


Deny juga menyatakan pihak Imigrasi tidak bisa menahan Ian. Alasannya izin tinggal Ian lengkap hingga pihak Imigrasi tidak berhak menahannya.

"Sekarang saya kurang tahu dia (Ian) dimana. Dia kita izinkan keluar tapi tadi saya lihat masih ada di area kantor. Kita izinkan dia keluar karena tidak punya kewenangan untuk menahan, karena tidak ada permasalahan, masih valid semua," ucapnya.


Sebelumnya, Ian sempat hidup luntang lantung selama empat bulan setelah mengaku diusir istrinya disebutnya merupakan warga negara Indonesia. Ian juga sempat menunjukkan tempat tinggalnya di pinggir kali Angke, Tangerang, Banten.

Ian mengaku saat ini sudah kembali mendapat uang pensiun dari perusahaan tempatnya berkerja dulu, setelah membuat tabungan yang baru. Pihak istri Ian masih belum bisa dikonfirmasi terkait cerita tersebut.
(haf/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed