Cerita Perajin yang Pernah Bikin Ondel-ondel Mirip Wajah Foke

Indra Komara - detikNews
Senin, 05 Mar 2018 17:12 WIB
Supandi perajin ondel-ondel modifikasi, berwajah Foke (Foto: Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Supandi salah satu perajin Ondel-ondel di Event Kreasi Betawi Balai Kota mengaku pernah mendapat pesanan untuk ondel-ondel modifikasi. Dia bercerita pernah mendapat pesanan ondel-ondel berwajah Fauzi Bowo atau akrab disapa Foke.

"Saya pernah bikin dulu waktu Pak Fauzi Bowo nyalon gubernur jadi pasangan Bang Nahrowi ya. Itu kita bikin Pak Fauzi sama Bang Nahrowi ditaruh di kantor DPD Golkar di Pramuka situ," kata Supandi di Blok G, Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (5/3/2018).

Untuk diketahui Fauzi Bowo merupakan Gubernur DKI Jakarta periode 2007-2012. Pada 2012 Fauzi berpasangan dengan Nahrowi Ramli maju sebagai cagub petahana. Pada putaran kedua pasangan tersebut kalah dari pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menang sebagai pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Kembali soal ondel-ondel, menurut Supandi modifikasi ondel-ondel tidak merusak pakem budaya Betawi jika digunakan untuk kebutuhan khusus. Namun, berbeda jika digunakan sehari-hari.

"Nggak (merusak) kalau buat kebutuhan. Tapi kalau buat sehari-hari ya nggak boleh. Nggak apa-apa asal buat kepentingan apa gitu. Misal Fauzi Bowo ama Nahrowi kan waktu itu buat keperluan kampanye waktu mau masa pencalonan," tuturnya.

Supandi menyebut lama pengerjaan ondel-ondel buatannya maksimal 3 minggu. Dia mematok biaya Rp 3,5 juta untuk ondel-ondel berukuran besar.

"Masternya bikin pake patung baru dicat. Kita minta potonya dulu, orang yang minta, nggak kita yang bikin. Kaya Fauzi-Nahrowi kan mereka yang minta," ucap Supandi.
Ondel-ondel kreasi SupandiOndel-ondel kreasi Supandi Foto: Indra Komara/detikcom
Perajin dari Sanggar Seni Betawi Hutan Panjang Kemayoran itu juga menceritakan saat Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menghampiri gerainya. Supandi menyebut Sandi memesan ondel-ondel ukuran besar yang kental dengan khas Betawi.

"Tadi dia baru nanya tapi udah minta bikin yang besar sama istrinya itu," papar Supandi.

"Dia minta warna ini pakaiannya kayaknya sih bajunya. Mungkin apa warnanya, bener-bener nuansa Betawi. Saya tau lah nggak jauh dari merah, kuning, ijo," lanjutnya.


Supandi tak tahu pasti ondel-ondel besar yang dipesan Sandi akan diletakkan di mana. Dia menduga ondel-ondel itu akan dipasang di acara Asian Games.

"Nggak tahu dibuat di mana, nggak dibilangin. Nantinya kelanjutannya kali ondel-ondel itu ditaro di Asian Games berapa pasang buat parade. Jadi tadi yang diomongin buat baju aja," katanya. (ams/ams)