DetikNews
Senin 05 Maret 2018, 13:53 WIB

Tak Ada Biaya, Yuliastri Sudah 4 Tahun Hidup dengan Kanker Mata

Faruk Nickyrawi - detikNews
Tak Ada Biaya, Yuliastri Sudah 4 Tahun Hidup dengan Kanker Mata
Dompu - Empat tahun berlalu, warga Desa Rababaka, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu NTB, Yuliastri Muliani (30), hidup dengan kanker ganas pada mata kirinya. Yuliastri tidak bisa berobat karena hidup berada di bawah garis kemiskinan dengan pendapatan yang pas-pasan.

"Sudah empat tahun saya hidup dengan penyakit ini, saya tidak punya uang untuk berobat," ujar Yuliastri kepada detikcom Senin (05/03/2018).

Dia pernah berobat di puskesmas, tapi disarankan untuk berobat lebih lanjut ke RSUD Dompu. Akan tetapi itu tidak mampu dilakukannya karena terkendala biaya.

Ibu tiga anak ini tidak menyangka penyakitnya itu akan separah ini. Berawal dari mata kemerahan lalu ia dikucek-kucek, matanya semakin terasa perih, lalu diolesi obat tradisional. Tapi kondisi matanya makin fatal seperti sekarang.

"Awalnya mata saya merah-merah, lalu dikucek dan makin perih. Selama ini saya hanya berobat pakai obat tradisional," terangnya.

Sementara itu, seorang mahasiswa, Adi Putra Darmawansyah, mengaku akan mengurus surat-surat agar ibu tersebut bisa memperoleh kartu jaminan kesehatan.

"Tadi saya sudah ke Dinas Kesehatan Dompu untuk urus surat-surat. Selama empat tahun, ibu itu belum tahu diagnosa penyakitnya. Makanya dari itu, kita bantu dan akan kita bawa ke rumah sakit," ujarnya.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed