Pemprov Koordinasi dengan Pemilik Gedung agar Tampung PKL Melawai

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Senin, 05 Mar 2018 10:30 WIB
PKL Jualan di Trotoar Melawai (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang berkoordinasi dengan pemilik gedung di Melawai, Jakarta Selatan, terkait upaya merelokasi PKL yang berjualan di trotoar. Para para PKL yang akan direlokasi saat ini akan didata.

"Yang Melawai, kita data nanti, kita mau data. Kalau bisa nanti depan-depan perkantoran kita mau untuk bisa menampunglah," kata Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan DKI Jakarta Irwandi kepada detikcom, Senin (5/3/2018).

Irwandi mengatakan terdapat sekitar 75 PKL yang berjualan di kawasan trotoar Melawai. Dia menargetkan satu pemilik gedung nantinya mau menampung tiga-empat PKL.


"Kalau bisa di dekat situ bisa menampung, satu perusahaan itu bisa tiga atau empat nanti. Karena PKL di Melawai diperlukan juga," jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan PKL Melawai nantinya akan dipindahkan ke gedung-gedung di sekitar lokasi. Pemprov DKI lewat OK OCE akan mencarikan solusi lokasi penempatan PKL Melawai.

"Kita buka-bukaan saja, bukan salahnya PKL. Salahnya Pemprov, salahnya pemilik gedung. Saya harus bicara juga dengan manajemen gedung yang kebetulan kami juga ada di situ. Bagaimana kita bisa menghadirkan solusi itu. Karena mereka lahir, ada di situ diakibatkan ada permintaannya," jelas Sandi, Sabtu (3/3).

(fdu/hri)