Desain Trotoar Sudirman Selesai, Pembangunan Tunggu Instruksi Anies

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Senin, 05 Mar 2018 09:45 WIB
Foto: Satpol PP berjaga di trotoar Sudirman. (Zunita-detikcom)
Jakarta - Desain baru penataan trotoar di Sudirman-Thamrin telah direvisi. Pembangunan trotoar tinggal menunggu instruksi dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Iya (tunggu persetujuan), direncanankan minggu ini lancar mudah-mudahan," kata Asisten Pembangunan Sekda DKI Gamal Sinurat saat dihubungi, Senin (5/3/2018).


Gamal mengatakan desain trotoar nanti akan mempertimbangkan jalur motor di Jalan Sudirman. Dirinya masih terus berkoordinasi dengan Anies Baswedan terkait hal itu.

"Tetap direncanakan ada, nanti kita lihat aja kalau sudah diskusi sama Pak Gubernur," terangnya.


Gamal enggan mengungkapkan desain baru trotoar di Sudirman-Thamrin. Dia hanya mengatakan ada revisi pada desain sistem drainase di trotoar tersebut.

"(Revisi) macem-macemlah, termasuk sistem drainase dan lain-lain," terangnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta belum bisa memastikan waktu trotoar Sudirman-Thamrin akan rampung dikerjakan. Sandiaga mengatakan setidaknya sebelum Asian Games pengerjaan trotoar sudah selesai.


"Baru dimulai sekarang, depan BNI yang baru mulai. Tadi kita cek yang depan Gelora, Gelora sudah ditutup, sengnya sudah naik, tapi belum dikerjakan. Jadi tiga bulan ke depan kita kebut. Pokoknya kita ingin paling nggak progres signifikan sebelum Asian Games," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (2/3).

Sandiaga mengatakan pembangunan trotoar tidak menggunakan APBD. Pembangunan trotoar tersebut, menurut Sandiaga, menggunakan sisa dana CSR Simpang Susun Semanggi. "Itu pakai kompensasi KLB (Koefisien Luas Bangunan)," sebutnya. (fdu/jbr)