detikNews
Minggu 04 Maret 2018, 15:40 WIB

Warga Antusias Saksikan Karnaval Cap Go Meh, Ada yang Panjat Pohon

Eva Safitri - detikNews
Warga Antusias Saksikan Karnaval Cap Go Meh, Ada yang Panjat Pohon Foto: Eva Safitri/detikcom
Jakarta - Masyarakat antusias menyaksikan Karnaval Cap Go Meh 2018 yang diadakan di ruas Jalan Hayam Wuruk, Glodok, Jakarta Barat. Polah antusias masyarakat mulai dari memenuhi ruas busway hingga memanjat pohon melihat jalannya karnaval itu.

Pantauan detikcom, pukul 15.00 WIB, Minggu (4/3/2018) pawai Karnaval Cap Go Meh 2018 dimulai. Titik awal tepat berada di depan Gedung LPC Glodok, Jakarta Barat.

Satu persatu peserta karnaval mulai melintas di depan panggung utama mengikuti karnaval. Setiba di depan panggung utama, para peserta memamerkan kostum yang mereka kenakan hingga menunjukkan kebolehan menari.
Warga Antusias Saksikan Karnaval Cap Go Meh, Ada yang Panjat PohonFoto: Eva Safitri/detikcom

Banyak dari peserta yang mengenakan pakaian adat dan menunjukkan tarian adat, seperti dari daerah Jawa Barat, Sulawesi Utara dan Papua.

Karnaval Cap Go Meh yang merupakan tradisi khas Tionghoa ini juga memamerkan tarian Barongsai dan tarian naga panjang yang dilakoni oleh beberapa penari. Kepala hingga ekor naga meliuk-liuk menarik perhatian penonton.

Tak hanya itu, karnaval ini juga memamerkan kendaraan hias beragam bentuk. Ada yang berbentuk kapal besar yang didominasi warna merah yang dinaiki oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.
Warga Antusias Saksikan Karnaval Cap Go Meh, Ada yang Panjat PohonFoto: Eva Safitri/detikcom

Aksi karnaval ini menarik perhatian warga. Sebagian besar warga berkumpul di seberang panggung yang memenuhi badan Jalan Hayam Wuruk.

Banyak juga warga yang memenuhi ruas busway TransJakarta, yang berkaibat tersendatnya laju moda transportasi berbasis bus tersebut.

Selain itu, beberapa warga yang merasa tak leluasa melihat aksi-aksi di karnaval itu, rela memanjat pohon. Sambil memeluk batang pohon, dia menyaksikan jalannya Karnaval Cap Go Meh 2018 tersebut.

Meski demikian, beberapa petugas baik dari Polri maupun TransJakarta tampak sibuk mengatur arus lalu lintas. Petugas juga meminta warga agar tak memenuhi ruas buway TransJakarta.
Warga Antusias Saksikan Karnaval Cap Go Meh, Ada yang Panjat PohonFoto: Eva Safitri/detikcom

(jor/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed