DetikNews
Minggu 04 Maret 2018, 11:26 WIB

Awal Mula Mang Ade Bisa 'Sulap' e-KTP Rusak Jadi Seperti Baru

Seysha Desnikia - detikNews
Awal Mula Mang Ade Bisa Sulap e-KTP Rusak Jadi Seperti Baru Mang Ade yang bisa 'sulap' e-KTP rusak jadi seperti baru lagi (Foto: Seysha Desnikia/detikcom)
Jakarta - Mang Ade bisa jadi solusi untuk warga yang bingung gara-gara e-KTP mengelupas dan rusak. Pria berusia 65 tahun ini mengisahkan awal mula dia mulai 'menyulap' e-KTP ini.

"Awalnya KTP saya sendiri rusak, itu sekitar 2 tahun yang lalu ya, saya coba benerin, ya dari pengalaman aja trus saya coba jual jasa saya," kata Mang Ade saat ditemui di Bazar Koopsau Halim Perdana Kusuma, Jl. Kopat Darat, Jakarta Timur, Minggu (4/3/2018).

[Gambas:Video 20detik]




Ade menawarkan jasanya setiap hari meski tanpa tempat jualan tetap. Saat hari kerja ia sering berjualan di pasar, dan pada hari libur, sering berjualan di bazar atau pasar kaget.

"Kerja sampe sore, semampunya saya aja gitu nggak berbatas," ujar Ade.

"Kita nggak punya tempat jualan tetep. ke mana arah mata angin aja, kadang di sini, kadang ke pasar Jatinegara, pernah ke taman merdeka Depok, Tangerang. mana aja," paparnya.

Mang Ade / Mang Ade / Foto: Seysha Desnikia/detikcom


Ia mempunyai 3 anak yang tinggal di Garut. Ade tinggal di Jakarta sebatang kara. "Di Jakarta sendiri, anak istri di Jawa, tinggal nggak nentu di mana mau ngontrak rumah juga dari mana ya," ujar Mang Ade.



Sebelum menjadi tukang reparasi KTP, Ade berjualan serabutan. Ia berjualan apa saja yang menurutnya bisa menjadi peluang usaha.

"Serabutan kadang jualan jaket, jualan cincin batu akik, apa aja yang sekiranya bisa, keliling daerah serabutan lah," ucapnya.

Mang Ade / Mang Ade / Foto: Seysha Desnikia/detikcom


Ade lebih memilih untuk berjualan jasa reparasi KTP. Menurutnya itu lebih menguntungkan.

"Dua tahun terakhir jualan ini, ya lebih menguntungkan jualan ini ya daripada jualan yang lain. Karena modalnya sekian untungnya sekian, kalo nominal saya nggak bisa sebut kan urusan dapur ya," pungkas Mang Ade.
(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed