Buat Citarum Harum, Petugas Susuri Sungai Petakan Sumber Pencemaran

Elza Astari Retaduari - detikNews
Sabtu, 03 Mar 2018 01:12 WIB
Prajurit Kodam Siliwangi saat membersihkan kawasan hulu Sungai Citarum (Foto: Dok.Kodam III Siliwangi)
Jakarta - Kodam III Siliwangi dan Wanadri menyusuri Sungai Citarik dari hulu hingga hilir. Kegiatan Kembara Citarik ini merupakan upaya mendukung program Citarum Harum.

"Dalam kegiatan ini tim melakukan observasi dengan menyusuri sungai dari hulu ke hilir dan wawancara kepada masyarakat untuk mengetahui sumber-sumber yang menimbulkan pencemaran," kata Kapendam III Siliwangi Kolonel ARH Desi Ariyanto lewat keterangan tertulisnya, Jumat (2/3/2018).


Kegiatan ini melibatkan 22 personel yang dibagi ke dalam 3 tim, yakni tim hulu, tengah, dan hilir. Kegiatan akan dilakukan hingga September 2018 nanti.

Tim tersebut sudah melakukan survei awal pada 22-25 Februari lalu. Tim menempuh jarak 40 km yakni dari daerah Cigumentong hingga daerah Sapan.


"Untuk data awal dari hasil survei sumber pencemaran itu berasal dari lahan pertanian, sanitasi rumah tangga, perilaku masyarakat yang membuang sampah sembarangan, limbah industri, dan sedimentasi," ucap Desi.

Kegiatan Kembara Citarik merupakan salah satu program tahap 3 yang dijalani anggota muda Wanadri untuk mendukung program Citarum Harum yang berlokasi di Sungai Citarik.


Daerah aliran Sungai Citarik meliputi Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Garut. Pada Jumat (2/3) siang tadi dilakukan rapat koordinasi sektor 21 di Sekretariat Wanadri. Sektor 21 adalah sektor yang digarap oleh Wanadri dalam program Citarum Harum.

Dalam rapat tersebut hadir perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan juga anggota Kodam Siliwangi dan Wanadri serta para supervisor program.


"Mereka sepakat memperjuangkan Citarum menjadi harum kembali. Citarum Harum mempertemukan semua komunitas," tuturnya. (jbr/fdn)