Golkar Prioritaskan Kader AMPG Jadi Caleg di Pemilu 2019

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
Jumat, 02 Mar 2018 22:30 WIB
Airlangga Hartarto (Yayas/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menghadiri acara Rapimnas III sekaligus pelantikan Pimpinan Pusat Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG). Airlangga melantik Ilham Permana sebagai Ketua Umum PP AMPG yang baru.

Dalam sambutannya, Airlangga menuturkan Partai Golkar akan memprioritaskan kader perempuan dan pemuda sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pileg 2019. Untuk pemuda, ia mengatakan akan diprioritaskan dari kader AMPG.

"Jadi ini yang menjadi catatan, kita Partai Golkar akan segera menyusun daftar caleg. Legislatif itu terdiri atas incumbent, mereka yang akan dipersiapkan, dan kita prioritaskan perempuan serta pemuda. Dan sumber dari pemuda, kami utamakan adalah dari AMGP," kata Airlangga di ballroom Puri Agung Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (2/3/2018).




Menurut pandangannya, peran pemuda sangat penting di dalam politik saat ini. Terlebih, ia memprediksi Indonesia pada 2045 akan menjadi negara maju dan makmur.

"Pada 2045, pimpinan Partai Golkar ada di tangan hadirin semua. Ini adalah pelatihan untuk kawah candradimuka. Bahwa Saudara yang ada di sini akan menjadi pemimpin bangsa ke depan," tuturnya.

Menteri Perindustrian itu mengungkapkan kekuatan elektabilitas Partai Golkar di era sekarang ini bergantung pada kader muda dari sayap partai besutannya. Sebab, dikatakan Airlangga, pemilih terbanyak pada Pemilu 2019 berasal dari generasi milenial.

"Penguatan elektabilitas Golkar ini tentu bergantung kuat kepada kaum muda untuk mewarnai bangsa kita. Kaum muda itu pemilih terbanyak. Partai yang menang di 2019 itu ada pada kekuatan kaum pemuda," ujarnya. (yas/rvk)