Jokowi Minta Pimpinan MA Bina Hakim Muda agar Bersikap Adil

Haris Fadhil - detikNews
Kamis, 01 Mar 2018 12:17 WIB
Presiden Jokowi di sidang laporan tahunan MA di JCC, Kamis (1/3/2018) Foto: Haris Fadhil/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi pencapaian kinerja Mahkamah Agung (MA) selama 2017. Pencapaian kinerja MA, disebut Jokowi, berkontribusi bagi percepatan pembangunan nasional.

"Kecepatan dalam memutus perkara yang meningkat tajam. Tingkat kepuasan pihak yang berperkara sangat tinggi serta akuntabilitas yang meningkat dan status WTP yang disampaikan Yang Mulia Ketua MA (Hatta Ali) merupakan prestasi yang berkontribusi besar untuk percepatan pembangunan nasional," kata Jokowi di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Jokowi juga mengingatkan MA harus menjadi lembaga yang kredibel sehingga dipercaya masyarakat. Kredibilitas sistem hukum, menurut Jokowi, menjadi salah satu fondasi menuju negara maju.



"Keadilan adalah pilar utama agar negara kita bergerak menuju negara maju dan berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Selain kerja keras dalam merumuskan program pembangunan, fondasi utama yang bisa mengantarkan kita sebagai negara maju adalah sistem hukum dan proses hukum yang betul-betul kredibel," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengimbau para pimpinan MA membina para hakim muda agar bisa menegakkan keadilan. Ia juga menegaskan seleksi hakim dilakukan secara transparan.



"Saya mengharapkan pimpinan MA dan para hakim untuk membimbing dan memandu hakim muda. Agar menjadi hakim yang profesional, jujur, berintegritas, dan yang bermartabat," ujar Jokowi.

"Proses seleksi calon hakim yang sangat transparan dan akuntabel adalah modal yang sudah tersedia," ucapnya. (haf/fdn)