DetikNews
Kamis 01 Maret 2018, 11:42 WIB

Transportasi Jadi Kendala di Test Event Asian Games, Ini Kata Sandi

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Transportasi Jadi Kendala di Test Event Asian Games, Ini Kata Sandi Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno (M Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengakui ada kekurangan dalam penyelenggaraan Test Event Asian Games 2018. Sandiaga berjanji akan mencari solusi atas kekurangan tersebut.

"Kemarin kita lihat Test Event dan kita punya catatan khusus Ada catatan menggembirakan (dan) ada yang mengkhawatirkan. Tapi kita melihat bukan gelas setengah kosong, tapi setengah isi," kata Sandiaga dalam rapat evaluasi Test Event Asian Games di Hotel Luminor, Pecenongan, Jakarta Pusat, Kamis (1/3/2018).

Sandiaga mengatakan ada catatan khusus di bidang transportasi. Dia akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menyelesaikan kendala tersebut.

"Posisi kita inginkan pelajaran berharga, lesson learned dari test event sendiri. Akan dilaporkan detail dinas terkait PR penting. Kemarin harus kita berikan solution-nya," jelasnya.

Sandiaga juga berjanji untuk berkoordinasi dengan pihak INASGOC sebagai penyelenggara Asian Games untuk mencari solusi dari masalah test event. "Solution-nya adalah harus ada penyesuaian visi, harus ada kolaborasi. Pokoknya all out, paragames all out," paparnya.

Sebelumnya, masalah transportasi jadi sorotan utama di di Test Event Asian Games 2018. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih mematangkan konsep sebagai solusinya.

Test Event Asian Games 2018, yang berlangsung pada 8-15 Februari lalu, menyisakan sejumlah catatan. Terutama soal transportasi dan jarak tempuh yang belum mencapai target 34 menit.

Anies menyebut akan menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengatasi jarak tempuh dan kemacetan wilayah Jakarta dari wisma atlet menuju kawasan GBK.

"Akan ada rekayasa lalu lintas. Yang sudah disiapkan, rute melalui tol dan non-tol, pengaturan jumlah traffic (arus lalu lintas) yang melewati daerah itu terkait kegiatan belajar dan kerja. Tapi itu semua akan kami matangkan," kata Anies di Wisma Serba Guna, Senayan, Senin (19/2).

"Untuk diketahui, Asian Games akan berlangsung selama 14 hari. Kami catat selama 14 hari, ada sembilan hari kerja, lima hari libur, karena tiga hari long weekend, dua hari weekend. Jadi jika fixed akan diumumkan, tapi tujuannya adalah untuk memastikan target waktu tempuh bisa tercapai," sambungnya.
(fdu/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed