Buka Sidang Tahunan, Ketua MA Ingatkan Hakim Jaga Integritas

Buka Sidang Tahunan, Ketua MA Ingatkan Hakim Jaga Integritas

Haris Fadhil - detikNews
Kamis, 01 Mar 2018 11:00 WIB
Ketua MA Hatta Ali membuka sidang laporan tahunan di JCC, Kamis (1/3/2018) Foto: Haris Fadhil-detikcom
Ketua MA Hatta Ali membuka sidang laporan tahunan di JCC, Kamis (1/3/2018) Foto: Haris Fadhil-detikcom
Jakarta - Mahkamah Agung (MA) menggelar sidang istimewa Laporan Tahunan MA 2017. Ketua MA Hatta Ali mengingatkan soal pentingnya integritas hakim.

"Sidang istimewa laporan tahunan Mahkamah Agung RI tahun 2017 pada hari ini, Kamis 1 Maret 2018 dinyatakan dibuka dan terbuka untuk umum," kata Hatta membuka sidang istimewa yang digelar di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Dia menyatakan MA berupaya meningkatkan integritas dan juga kualitas pelayanan publik bagi para pencari keadilan. Masyarakat saat ini menurutnya tidak hanya melihat putusan pengadilan, namun juga melihat siapa hakim yang mengadili.



"Masyarakat semakin tanggap informasi, tidak hanya akan melihat isi putusan yang dijatuhkan, tapi melihat siapa hakim yang memutus. Karena reputasi dan integritas seseorang akan merepresentasikan orang itu sendiri," ujarnya.

Hatta berharap MA menjadi rumah yang ramah bagi para pencari keadilan. Hatta juga menyatakan MA telah menyiapkan regulasi untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan pemilu 2019.



"Rumah yang ramah bagi pencari keadilan. Harus menjadi tempat yang aman dan nyaman selayaknya rumah bagi penghuninya," kata Hatta.

"Dalam rangka mendukung pemilu, Mahkamah Agung telah menyiapkan regulasi dalam menangani perkara terkait proses pemilhan umum," pungkasnya. (haf/fdn)