Wali Kota: PKL di Trotoar Melawai Langgar Aturan, akan Direlokasi

Samsdhuha Wildansyah - detikNews
Rabu, 28 Feb 2018 16:27 WIB
PKL di trotoar Melawai, Jakarta Selatan Foto: Agung Pambudhy/detikFoto
Jakarta - Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi menegaskan, keberadaan PKL di trotoar Jalan Aditiawarman I hingga Jalan Sunan Ampel, Melawai, melanggar aturan. PKL di kawasan itu akan ditertibkan.

[Gambas:Video 20detik]


Tri menjelaskan, keberadaan PKL di lokasi tersebut hanya sementara. Nantinya PKL akan direlokasi ke tempat lain oleh Suku Dinas Koperasi dan UKM Kota Jakarta Selatan.


"Sudah dirapatkan di kecamatan kok itu," kata Tri saat dihubungi detikcom lewat telepon, Rabu (28/2/2018).

PKL Jualan di Trotoar MelawaiPKL Jualan di Trotoar Melawai Foto: Samsdhuha Wildansyah/detikcom

Saat ditanya lebih jauh, Tri mengaku belum tahu ke mana para PKL yang jualan di trotoar ini akan direlokasi. Hal itu nantinya akan dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait.


Tri menyebut, warga di sekitar Jalan Aditiawarman I hingga Jalan Sunan Ampel, Melawai, sebenarnya tidak keberatan dengan keberadaan PKL di trotoar. Namun dia menegaskan, hal itu melanggar aturan.

"Warga juga nggak keberatan kok, cuma kan salah aja itu di atas trotoar. Itu saja yang kita cari supaya nggak ada di atas trotoar," jelasnya.


Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 Tentang Ketertiban Umum tegas menyatakan pelarangan berjualan di atas trotoar. Pasal 25 berbunyi 'setiap orang atau badan dilarang berdagang, berusaha di bagian jalan/trotoar, halte, jembatan penyeberangan, dan tempat umum di luar ketentuan yang telah ditetapkan'. (hri/hri)