Batal Groundbreaking Rumah DP Rp 0 di Rorotan, Sandi: Belum Sinkron

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Rabu, 28 Feb 2018 08:55 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan Pemprov DKI Jakarta batal melakukan groundbreaking program rumah DP Rp 0 di Rorotan, Jakarta Utara. Sandiaga mengatakan Pemprov DKI Jakarta dan pihak pengembang belum mencapai kesepakatan mengenai harga dan skema.

"Arahan saya jangan dipaksakan. Kalau memang ada yang belum sinkron tunda saja dulu. Pastikan, kan dari segi harga, dari skema itu kemarin belum ada sinkronisasinya," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2018).

Sandiaga mengaku sempat berdiskusi mengenai groundbreaking rumah DP Rp 0 di Rorotan dengan Gubernur DKI Anies Baswedan hingga tengah malam. Dia mengaku tidak ingin terburu-buru agar program tersebut dapat lebuh dimatangkan.



"Jadi yang penting kami tidak memberikan kesan yang membingungkan kepada masyarakat kalau ini program pemerintah atau program swasta. Jadi kami harus sinkronkan dulu. Saya inginnya sih kami jangan terburu-buru," jelasnya.

Sandiaga memastikan tidak ada permasalahn dengan pengembang. Menurutnya, masih ada perdebatan skema pembiayaan untuk program rumah tersebut.

"Nusa Kirana yang membangun Kelapa Gading. Mereka punya track record yang sangat baik. Jadi tidak perlu diragukan lagi, tinggal disinkronkan harganya. Apakah ini masuk ke program pemerintah yang lagi kami dorong. Ini yang harus kami pastikan tidak ada timbul kerancuan," jelasnya.

"Dilihat kemarin, salah satu yang menjadi bentuk sinkron itu apakah ini Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) atau non FLPP karena kalau FLPP ada batasan-batasannya dan itu kami harus sinkronkan," pungkasnya.

(fdu/aan)