Soal Kriteria Cawapres Jokowi, PDIP Beri Contoh Duet SBY-Boediono

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Selasa, 27 Feb 2018 17:30 WIB
Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira (Foto: Dok. Facebook)
Jakarta - PDIP mematok kriteria cawapres Joko Widodo di Pilpres 2019. Bagi PDIP, cawapres Jokowi mesti bisa berpengaruh pada hajatan pilpres selanjutnya, yaitu 2024.

"Kalau kita lihat, 2024 itu generasi baru di perpolitikan di Indonesia, sehingga perlu tampil orang-orang yang mempunyai proyeksi untuk jadi pemimpin masa depan Indonesia. Sehingga cawapres itu juga menjadi faktor yang menentukan di dalam pencapresan," ujar Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Selain kriteria di atas, PDIP mematok dua kriteria lainnya. Cawapres Jokowi untuk 2019 mesti bisa menaikkan elektabilitas.


"Pencapresan itu adalah bagaimana memenangkan kontestasi, sehingga elektoral itu penting sehingga kalau elektabilitas itu sudah meyakinkan, mungkin setelah itu aspek berikut," ujarnya.


PDIP juga ingin cawapres Jokowi dapat sejalan dalam menjalankan roda pemerintah. Dia memberi contoh pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono.


"Kriteria yang berikut jadi perhatian sehingga pemerintah ke depan bisa berjalan stabil dengan seorang wapres yang bisa men-support sepenuhnya presiden di dalam menjalankan tugas, seperti Pak Boediono dengan Pak SBY di dalam periode ke-2," sebut Andreas. (gbr/dkp)