DetikNews
Senin 26 Februari 2018, 15:17 WIB

Kominfo Anjurkan Akun Instagram Ustaz Somad Terverifikasi

Jabbar Ramdhani - detikNews
Kominfo Anjurkan Akun Instagram Ustaz Somad Terverifikasi Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan (detikINET/Agus Tri Haryanto)
Jakarta - Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengimbau pemilik akun yang ber-follower banyak meminta diverifikasi. Hal ini dilakukan untuk menghindari pemblokiran otomatis.

"Kalau saya mengimbau, semua orang yang sudah punya pengikut banyak, apalagi akun Ustaz Abdul Somad ini kan banyak banget yang mengaku-ngaku. Pakai nama sama, pakai gambar sama. Nah itu dianjurkan untuk verifikasi, supaya di-shield, jadi tidak otomatis diblokir," kata Semuel saat dihubungi, Senin (26/2/2018).


Sebagaimana diketahui, akun yang sudah diverifikasi akan memiliki centang biru di bagian nama akun. Pria yang akrab disapa Semmy ini mengatakan akun yang sudah diverifikasi ini tak akan begitu saja di-suspend bila ada yang melaporkan atau meminta ditutup.

"Banyak juga pejabat dan artis yang diverifikasi, dicentang biru supaya tak kena otomatic report tapi harus di-review dulu," ucap dia.


Meski begitu, Semmy mengatakan dirinya tak menyimpulkan suspend kepada akun Ustaz Somad karena adanya pelaporan dari pihak tertentu. Dia mengatakan hal itu akan dijelaskan langsung oleh pihak Instagram.

Dia mengatakan verifikasi akun memiliki dua manfaat. Kasus pemblokiran yang dialami Ustaz Somad bisa jadi pembelajaran bagi masyarakat.


"Kalau saya mengimbau verifikasi akun. Ada dua manfaat. Satu, untuk hindari ada yang membuat ada akun yang mirip. Kedua, itu bisa terproteksi jika ada satu kelompok yang melaporkan," ungkapnya.

Akun Ustaz Somad sempat di-suspend pada Sabtu (24/2) lalu. Sehari kemudian, akun @ustadzabdulsomad tersebut kembali dinormalisasi Instagram.
(fjp/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed