DetikNews
Senin 26 Februari 2018, 14:43 WIB

Kominfo: Instagram akan Langsung Jelaskan soal Akun Ustaz Somad

Jabbar Ramdhani - detikNews
Kominfo: Instagram akan Langsung Jelaskan soal Akun Ustaz Somad Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan (Foto: detikINET/Muhammad Alif Goenawan)
Jakarta - Akun Instagram Ustaz Abdul Somad sempat di-suspend. Tak lama kemudian, akun tersebut dinormalisasi pihak Instagram.

Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan saat ini pihak Instagram tengah melakukan investigasi terkait hal yang dialami Ustaz Somad. Dia mengatakan nantinya penjelasan akan disampaikan langsung pihak Instagram.

"Mereka sekarang sedang lakukan investigasi. Nanti yang jawab Facebook. Iya dong (mereka yang langsung melakukan penjelasan)," ujar pria yang akrab disapa Semmy ini saat dihubungi, Senin (26/2/2018).


Semmy mengatakan juga sempat menanyakan terkait akun Somad yang di-suspend. Semmy mengatakan penanganan akun seseorang untuk di-suspend atau dinormalisasi jadi kewenangan pihak platform (Instagram).

"Waktu itu saya dapat laporan, saya ingin tahu juga. Saya tanya, katanya mereka lagi lakukan investigasi. Kemudian beberapa jam kemudian (dinormalisasi). Karena kan yang punya hak untuk suspend dan normalisasi mereka," ujarnya.


"Itu biasanya terkait dengan agreement dan sistem standard comnunity mereka. Itu semua ada di mereka," sambung Semmy.

Dia mengatakan dalam kasus ini pemerintah tak menagih penjelasan dari Instagram. Pemerintah ikut terlibat jika terjadi pelanggaran hukum.


"Kalau kami yang ajukan, selalu terdaftar. Tak mungkin kami tak terdaftar. Dan pelanggarannya pelanggaran hukum. Jadi itu beberapa jam kemudian kembali dinormalisasi. Kalau pemerintah yang minta, selalu hasilnya nanti kita berikan penjelasan di website kita," ujar Semmy.
(jbr/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed