DetikNews
Senin 26 Februari 2018, 09:39 WIB

Penangkaran Tunggu Pemilik Ular yang Lepas di KA Kertajaya

Arief Ikhsanudin - detikNews
Penangkaran Tunggu Pemilik Ular yang Lepas di KA Kertajaya Penyerahan ular yang lepas di Kereta ke penangkaran reptil (dok. BKSDA Regional Pemalang).
Jakarta - Ular yang hebohkan penumpang KA Kertajaya sudah berada di tempat penangkaran reptil di Kedung Banteng, Banyumas, Jawa Tengah. Pemilik penangkaran menunggu majikan ular yang ingin mengambil hewan peliharaannya itu.

"Belum (ada pemilik yang ambil) sih. Cuma sudah saya share di FB (Facebook). Kelihataannya ada juga yang share anak-anak komunitas. (sampai saat ini) cuma ada yang bercanda-canda gitu kelihatannya," ucap pemilik penangkaran reptil Fatah Arif Suyanto, saat dihubungi detikcom, Minggu malam (25/2/2018).

Awalnya, PT KAI menitipkan ular terebut ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Regional Pemalang. Kemudian, ular dengan panjang sekitar tiga meter itu dititipkan ke tempat penangkaran Fatah.

Ular tersebut berjenis Retic Tiger, phyton dengan kulit berwarna agak keemasan dengan corak coklat. Ular tersebut bukan ular merupakan binatang yang dilindungi.

"(Jenis) Retic Tiger. Kayaknya hasil silangan sama luar gitu. di phetsop juga biasa dijual. Kalau Retic, belum dilindungi statusnya," ucap Fatah.

Sampai saat ini, kondisi ular masih sehat. Fatah pun mempersilahkan jika ada orang yang ingin mengambilnya, namun harus melalui KSDA.

"Kalau ada yang berminat ajukan ke KSDA saja," ucap Fatah.

Selumnya, ular tersebut menghebohkan penumpang KA Kertajaya di Stasiun Tegal. Sampai saat ini, KAP belum menemukan pemilik ular didalam kardus tersebut.
(aik/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed