DetikNews
Sabtu 24 Februari 2018, 23:45 WIB

BMKG Ingatkan Longsor Bisa Terjadi Usai Hujan Lebat

Mochamad Zhacky - detikNews
BMKG Ingatkan Longsor Bisa Terjadi Usai Hujan Lebat ilustrasi. Foto: GettyImages
Jakarta - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengimbau kepada warga yang tinggal di kawasan lereng gunung dan bantaran sungai untuk waspada terhadap bencana longsor dan banjir bandang. Dwi mengatakan tanah longsor dan banjir bandang tidak hanya terjadi saat hujan.

"Potensi bencana akibat cuaca ekstrim kita yang perlu hati-hati, contohnya di Brebes. Saat longsor (di Brebes) itu tidak ada hujan. Longsor bisa saja terjadi saat hujan dan setelah hujan. Banjir bandang pun ada tanda-tandanya, kok sungai tiba-tiba menjadi keruh, padahal tidak ada hujan," kata Dwi di kantornya, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (24/2/2018).



Dwi menuturkan tanah longsor dan banjir bandang bisa diprediksi sebelum terjadi. Tanah longsor bisa dideteksi dengan melihat kondisi tanah. Sedangkan banjir bandang dapat diprediksi dengan meninjau kondisi sungai.

"Longsor bisa dideteksi misalnya ada retakan di lereng, atau lereng mulai mengembung. Khusus longsor tidak muncul seketika. Penyebabnya cuaca dan penggunaan lahan yang tidak terkontrol," terang Dwi.

"Banjir bandang pun ada tanda-tandanya, kok sungai tiba-tiba menjadi keruh, padahal tidak hujan. Masyarakat harus waspada menghindari zona-zona yang menunjukkan tanda-tanda tadi, atau paling tidak menjauh dari lereng dan sungai," imbuh dia.

Berdasarkan pengamatan BMKG dalam beberapa suplai uap air sebagai pendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera, Jawa dan Kalimantan relatif tinggi.

Diprediksi potensi hujan masih terus meningkat dalam tiga hari ke depan khususnya di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua.
(zak/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed