DetikNews
Sabtu 24 Februari 2018, 20:29 WIB

Pilgub Jabar 2018

Galang Dana Kampanye, Ridwan Kamil: Demokrasi di Indonesia Tak Murah

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Galang Dana Kampanye, Ridwan Kamil: Demokrasi di Indonesia Tak Murah Foto: Nur Indah Fatmawati/detikcom
Jakarta - Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mulai menggalang dana untuk biaya kampanye. Salah satunya lewat acara gala dinner yang digelar di Jakarta.

Ridwan Kamil tiba di Semeru Hall, JIexpo, Jakarta Utara, Sabtu (24/2/2018) pukul 19.35 WIB. Menggunakan blazer, dia ditemani istrinya, Atalia Praratya Kamil yang mengenakan baju pink.

Emil kemudian menyatakan penggalangan dana malam ini merupakan cara pola pikir baru untuk mendanai demokrasi.

"Untuk melatih sebuah pola pikir baru. Bahwa kita harus mendukung proses demokrasi di Indonesia ini yang ternyata kalau dipraktikkan tidak murah," kata lelaki yang karib disapa Kang Emil ini.




Menurutnya, siapa saja yang ingin masa depannya lebih baik, bisa mendukung calon pemimpin dengan cara baik. Salah satunya lewat penggalangan dana yang transparan.

"Begini kan transparan dananya, masuk ke rekening kampanye, dilaporkan ke KPU, pengeluarannya apa, dilaporkan ke KPU, masyarakat bisa lihat di web, dan seterusnya," tuturnya.

Acara ini diinisiasi oleh alumnus University of California, Berkeley (UCB). Emil sendiri merupakan lulusan universitas di Amerika Serikat itu. Penggalangan ini adalah bagian dari Udunan Warga, cara penggalangan dana yang digunakan pendukungnya.
(nif/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed