DetikNews
Sabtu 24 Februari 2018, 12:42 WIB

BMKG Tepis Hoax Terkait Gempa Bumi di Samosir

Andhika Prasetia - detikNews
BMKG Tepis Hoax Terkait Gempa Bumi di Samosir Shake map gempa bumi di Samosir, Sumut (Foto: dok. BMKG)
Jakarta - Badan Meteorologi, Geofisika, dan Klimatologi (BMKG) menepis hoax yang menyebut gempa bumi di Samosir, Sumut, terkait aktivitas vulkanik di Danau Toba. BMKG menjelaskan gempa berkekuatan 4,4 skala Richter (SR) merupakan gempa tektonik.

"Meskipun gempa ini dirasakan lemah, tetapi banyak warga yang merasa resah bertanya-tanya dan mengkaitkan dengan aktivitas Toba, mengingat beberapa hari lalu terjadi erupsi Gunung Sinabung yang cukup signifikan," ujar Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/2/2018).

Gempa tersebut terletak pada koordinat 2,34 Lintang Utara (LU) dan 98,76 Bujur Timur (BT) pada jarak 10 kilometer timur laut Doloksanggul atau 32 kilometer barat daya Samosir. BMKG menerangkan tak ada aktivitas vulkanik pada gempa yang terjadi pada pukul 08.17 WIB tersebut.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa ini tidak terkait aktivitas vulkanisme. Gempa bumi memiliki episenter yang terletak pada jalur Sesar Besar Sumatera (The Great Sumatran Fault), tepatnya pada segmen Renun bagian selatan," kata Daryono.

Gempa bumi ini merupakan jenis tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat sesar aktif. BMKG mengimbau masyarakat tak mudah termakan isu hoax.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertanggung jawab," ucap Daryono.
(dkp/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed