DetikNews
Sabtu 24 Februari 2018, 12:03 WIB

Mediasi Sengketa Pemilu dengan KPU, Parsindo: Jangan Dipersulit

Tsarina Maharani - detikNews
Mediasi Sengketa Pemilu dengan KPU, Parsindo: Jangan Dipersulit Parsindo mediasi sengketa Pemilu dengan KPU (Foto: Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Bawaslu siang ini menggelar mediasi antara Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) dengan KPU. Mediasi digelar atas gugatan yang diajukan oleh Partai Idaman karena tak lolos saat proses administrasi calon peserta Pemilu 2019.

Mediasi dilakukan di lantai dua kantor Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (24/2/2018). Mediasi yang digelar tertutup itu dimulai pukul 11.20 WIB.


Proses mediasi dihadiri oleh pihak pemohon Presiden Parsindo Jusuf Rizal Bersama tim kuasa hukum. Sedangkan dari pihak termohon dihadiri oleh Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi dan Saputra. Adapun dari pihak mediator terdiri dari Ketua Bawaslu Abhan dan anggota-anggota Bawaslu, Ratna Dewi Petalolo dan Rahmat Bagja.

Sebelum mediasi dimulai, Jusuf berharap proses ini dapat mencapai kesepakatan dengan KPU. Namun, ia pun siap jika harus membawa gugatan ke tingkat pengadilan.

"Ya kalau mediasi bisa diselesaikan, kenapa harus cari yang sulit. Kita permudah yang bisa memang mudah. Jangan dipersulit," ujarnya.


"Ini adalah tahapan yang harus kita lewati dalam rangka menjalankan konstitusi. Oleh karena itu, Parsindo patuh pada ketentuan itu. Jadi kami tetep nanti menyampaikan beberapa pemikiran kita agar apa yang kita sampaikan selaku pemohon kepada termohon bisa menjadi pencerahan. Hasilnya kita serahkan," sambung Jusuf.

Parsindo adalah salah satu dari tujuh parpol yang kembali mengajukan gugatan setelah dinyatakan tidak lolos saat proses administrasi calon peserta Pemilu 2019.

Keenam partai lain yang kembali mengajukan sengketa adalah Partai Bhinneka Indonesia, Partai Indonesia Kerja, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Partai Rakyat, Partai Republik, serta Partai Idaman.


Mereka mengajukan gugatan dengan objek sengketa Surat Keputusan KPU Nomor 58/ PL.01.1-Kpt/03/KPU/II/2018 tentang Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2019.

KPU sebelumnya memutuskan ketujuh partai ini dinyatakan tidak lolos dalam proses administrasi. Karena itu, parpol tersebut tidak berlanjut ke tahapan proses verifikasi dan dinyatakan tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2019.
(tsa/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed