DetikNews
Sabtu 24 Februari 2018, 10:59 WIB

PDIP Resmi Capreskan Jokowi, Kader Daerah Happy

Haris Fadhil - detikNews
PDIP Resmi Capreskan Jokowi, Kader Daerah Happy Foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres
Bali - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi diumumkan sebagai capres yang didukung PDIP. Pengurus daerah PDIP mengaku siap melaksanakan langkah pemenangan Jokowi pada Pilpres 2019.

"Kami gembira dengan diumumkan Pak Jokowi. Kami tentu akan melakukan kerja politik dalam rangka memenangkan itu. Konsolidasi membahas pemenangan, kita akan komunikasi dengan parpol yang sudah menyatakan dukungan dan teman-teman relawan," kata Ketua DPD PDIP Jambi Edi Purwanto di Prime Plaza Hotel, Denpasar, Bali, Sabtu (24/2/2018).

Edi Purwanto.Edi Purwanto (Haris Fadhil/detikcom)

Kemudian, Ketua DPD PDIP Riau Kordias Pasaribu menyebut pengumuman Jokowi sebagai capres 2019 merupakan bentuk perintah bagi kader PDIP untuk memenangkan Pilpres 2019. Ia mengakui popularitas Jokowi bakal membantu menaikkan suara partai dan pemenangan dalam pilkada di Riau.

"Pak Jokowi seperti apa yang disampaikan dalam pidatonya, mulai dari wali kota dan gubernur, PDIP sudah satu hati. Karena itu, keberhasilan dan popularitas Jokowi secara langsung naikkan popularitas PDIP," ucapnya.

"PDIP partai satu komando. Jadi di saat Ibu Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri) umumkan capres, kami satu komando tegak lurus untuk membumikan kepada kader partai, untuk rakyat dan untuk menangkan," ucapnya.

PDIP Resmi Capreskan Jokowi, Kader Daerah GembiraKordias Pasaribu (Haris Fadhil/detikcom)

Berikutnya, Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengaku tidak terkejut atas pengumuman Jokowi sebagai capres 2019. Menurutnya, Jokowi merupakan pemimpin yang punya banyak terobosan.

"Saya nggak terkejut, dari Wali Kota Solo, Gubernur DKI, ke presiden kan didukung PDIP. Terobosan beliau banyak, harga bensin sama di Jawa dan Papua sama. Saya tahu persis kerja Pak Jokowi," ucapnya.

Pengumuman Jokowi sebagai capres PDIP terbilang tiba-tiba. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto awalnya menyebut tak ada deklarasi capres di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PDIP.

Prasetyo Edi Marsudi.Prasetyo Edi Marsudi (Haris Fadhil/detikcom)

Namun Megawati sebagai ketua umum menggunakan hak prerogatif untuk menentukan capres yang didukung PDIP. Dalam pembukaan Rakernas PDIP, putri proklamator Soekarno itu mengumumkan dukungan terhadap Jokowi sebagai capres di hadapan para kader yang hadir.

"Dengan ini saya nyatakan calon presiden dari PDI Perjuangan, Ir Joko Widodo, Metal! Metal! Pasti menang total," teriak Megawati dalam acara pembukaan Rakernas III PDIP, di Hotel Grand Inna Beach Bali, Denpasar, Bali, Jumat (23/2) kemarin.
(haf/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed