DetikNews
Jumat 23 Februari 2018, 22:20 WIB

BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem 3 Hari Ke Depan

Aditya Mardiastuti - detikNews
BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem 3 Hari Ke Depan Ilustrasi (Foto: dok. Thinkstock)
Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan tiga hari ke depan sebagian wilayah di Indonesia akan dilanda cuaca ekstrem. Hal itu terjadi karena atmosfer sedang labil.

"Semakin meningkatnya kejadian bencana hidrometeorologi di beberapa wilayah Indonesia, seperti longsor di Brebes, banjir di Bandung, Cirebon, Jombang dan Bojonegoro, serta angin kencang di Sidoarjo dalam beberapa hari terakhir dipicu oleh kondisi atmosfer yang sangat labil di wilayah Indonesia," kata Kepala Bidang Humas BMKG Harry Djatmiko dalam keterangannya, Jumat (23/2/2018).

Harry mengatakan kondisi tersebut dipicu beragam fenomena, dari pola angin baratan yang cukup kuat dan didukung adanya pola daerah pertemuan angin (konvergensi). Kondisi tersebut dipicu oleh skala atmosfer di lokasi bencana serta kondisi uap air dan kelembapan udara yang cukup tinggi.

Harry memperingatkan, potensi hujan di wilayah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan relatif tinggi. BMKG memprediksi selama tiga hari ke depan wilayah Indonesia juga bakal diguyur hujan.

"Diprakirakan potensi hujan masih terus meningkat dalam tiga hari ke depan, khususnya di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua," ucapnya.

"Besarnya pengaruh lokal dan tingginya pemanasan mengakibatkan periode saat ini hingga akhir Februari nanti memicu peningkatan intensitas hujan lebat yang memungkinkan disertai kilat/petir dan angin kencang," sambungnya.

Harry mengimbau warga yang tinggal di wilayah rawan agar mewaspadai potensi genangan, banjir, maupun tanah longsor. Dia juga mengimbau adanya kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang atau roboh.

"Waspadai kenaikan tinggi gelombang. Waspadai hujan lebat disertai angin kencang yang berbahaya bagi kapal berukuran kecil," imbau Harry.

Peringatan dini cuaca ekstrem 23 Februari 2018Peringatan dini cuaca ekstrem 23 Februari 2018 (Foto: dok. BMKG)



(ams/rjo)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed