DetikNews
Jumat 23 Februari 2018, 19:49 WIB

PDIP Usung Jokowi Jadi Capres, NasDem Ajak Bicarakan Cawapresnya

Faiq Hidayat - detikNews
PDIP Usung Jokowi Jadi Capres, NasDem Ajak Bicarakan Cawapresnya Foto: Johnny G Plate (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - PDIP resmi mengumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai capres pada pilpres 2019. Menurut Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate, kerja sama dengan PDIP akan mengulang kembali koalisi pada Pilpres 2014.

"Ya ini kan kerja sama yang berulang, dulu PDIP dan Nasdem sebagai pengusung Presiden Joko Widodo dalam pilpres 2014. Dan sekarang kerja sama itu berulang tentu dengan alasan yang sama, yakni kita ingin agar kebijakan yang dilaksanakan oleh presiden ini bisa dilanjutkan kembali dan itu mendapat endorsemen dari masyarakat dengan kepuasan publik yang tinggi," jelas Johnny usai diskusi PARA Syndicate di Jalan Wijaya Timur 3 Nomor 2A Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (23/2/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Setelah itu, Johnny menyatakan NasDem akan melakukan komunikasi dengan partai pengusung untuk membahas cawapres pendamping Jokowi di Pilpres 2019. Jokowi saat ini diusung oleh partai pengusung yaitu Nasdem, Hanura, PDIP, Golkar, dan PPP. Lima parpol ini sudah mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi maju Capres 2019.

"Kita harus bicara bersama antara partai pengusung dan Presiden. Mengapa itu? Ada beberapa alasan, pertama wapres itu memang pengganti presiden ketika presiden berhalangan," ucap Johnny.

Johnny menyatakan cawapres yang harus mendampingi Jokowi mempunyai chemistry atau persamaan. Selain itu, cawapres juga harus memahami tujuan visi-misi Jokowi. Maka itu, dia mengajak para pendukung Jokowi untuk membicarakan cawapresnya.

"Mengetahui betul agenda program presiden, capresnya. Dan wapres itu fungsinya juga harus mampu memberikan elektoral base yang memadai, meningkatkan elektabilitas presiden, kita harapkan itu. Dengan demikian nanti akan dibicarakan di antara partai pengusung dengan memperhatikan hal itu," ucap dia.

Seperti diketahui, PDIP baru saja mengumumkan kembali mencalonkan Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019. Hal tersebut disampaikan langsung Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Soal pengumuman Jokowi sebagai capres ini dilakukan dalam pembukaan Rakernas III PDIP di Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (23/2). Pengumuman tersebut disambut riuhnya teriakan para kader.

"Dengan ini saya nyatakan calon presiden dari PDI Perjuangan, Ir Joko Widodo, Metal! Metal! Pasti menang total," teriak Megawati dalam acara pembukaan Rakernas III PDIP.
(bag/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed