DetikNews
Jumat 23 Februari 2018, 19:43 WIB

Tim Saber Pungli OTT Pegawai BPN Lhokseumawe

Datuk Haris Maulana - detikNews
Tim Saber Pungli OTT Pegawai BPN Lhokseumawe
Aceh - Tim saber pungli melakukan OTT PNS di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Lhokseumawe. Wanita berinisial SU (56) diciduk karena melakukan pungli dalam pengurusan Hak Guna Bangunan (HGB). OTT dilakukan di Kantor BPN setempat dan tim saber mengamankan uang sejumlah Rp 20 juta.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Hendri Budiman mengatakan penangkapan berawal dari informasi masyarakat adanya dugaan pungutan liar di instansi tersebut. Kemudian tim menyelidiki dengan menyaru sebagai warga yang hendak mengurus HGB. Tim yang dipimpin oleh Kasat Reskrim AKP Budi Nasuha Waruwu langsung melakukan OTT terhadap SU siang ini.

Petugas kemudian menggeledah ruangan SU yang juga sebagai salah seorang Kepala Seksi (Kasi) di BPN tersebut. Petugas berhasil menyita uang tunai sebanyak Rp 20 juta yang diduga hasil pungli.

Usai terjaring OTT, wanita tersebut bersama barang bukti langsung diboyong tim saber pungli ke Mapolres Lhokseumawe.

"Kasus ini masih kita lakukan pemeriksaan apakah terduga tersebut memenuhi unsur pungli atau termasuk dalam kasus pemerasan. Ini masih dalam pemeriksaan lebih lanjut," kata Hendri Budiman kepada wartawan, Jumat (23/2/2018).

Selain uang tunai, petugas juga mengamankan barang bukti di antaranya, 3 lembar sertifikat, fotocopy akta notaris, serta persyaratan lainnya untuk melengkapi persayaratan HGB tersebut.

Hingga saat ini, petugas terus melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk melihat sejauh mana peran tersangka SU, dan hal lainnya.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed