DetikNews
Jumat 23 Februari 2018, 18:57 WIB

PDIP Usung Jokowi Jadi Capres, Gerindra: Partai Lain Sudah Duluan

Parastiti Kharisma Putri - detikNews
PDIP Usung Jokowi Jadi Capres, Gerindra: Partai Lain Sudah Duluan Ahmad Riza Patria (Andhika Prasetia/detikcom)
FOKUS BERITA: Jokowi Capres PDIP 2019
Jakarta - Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria menyebut telah memprediksi sejak dulu bahwa PDIP akan kembali mengusung Presiden Jokowi sebagai capres. Ia menuturkan PDIP tak akan mengusung calon selain Jokowi.

"Sudah pasti diprediksi sejak lama. PDIP kan nggak mungkin ngusung yang lain. Itu nggak ada masalah buat kami," kata Riza saat dihubungi, Jumat (23/2/2018).

Ia pun menyatakan memang sudah saatnya PDIP mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi, setelah beberapa partai juga sudah menyatakan sikap dukungan terhadap Jokowi.

"Memang sudah waktunya PDIP mungkin menyatakan dukungan ke Pak Jokowi. Karena PDIP kan, Pak Jokowi memang partai PDIP dan sudah ada empat partai sebelumnya, Golkar, Hanura NasDem, dan PPP yang akan mengusung Pak Jokowi," tuturnya.

Meski begitu, Riza mengatakan pengumuman dukungan PDIP terhadap Jokowi tak lantas membuat Gerindra terdesak untuk mendeklarasikan dukungan kepada Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

"Nggak (terpacu untuk segera mendeklarasikan Prabowo). Kalau buat kami tidak penting buru-buru mendeklarasikan. Karena kan Bapak Prabowo itu, kan dia orangnya memang diam, dia ini kan orang baik, termasuk negarawan dan dia kan ketua umum partai," ujarnya.

"Cuma nanti dicari waktu yang pas, yang tepat untuk deklarasi. Tapi kalau ditanya, semua pengurus, kader, bahkan masyarakat, semua minta Bapak Prabowo sebagai capres 2019," imbuhnya.

Seperti diketahui, PDI Perjuangan akan kembali mencalonkan Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019. Hal tersebut disampaikan langsung Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Soal pengumuman Jokowi sebagai capres ini dilakukan dalam pembukaan Rakernas III PDIP di Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (23/2). Pembukaan disampaikan secara tertutup.

[Gambas:Video 20detik]


(yas/bag)
FOKUS BERITA: Jokowi Capres PDIP 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed