DetikNews
Jumat 23 Februari 2018, 16:11 WIB

Hoax Or Not

Viral Video Telur Palsu Beredar di Mataram, Ini Faktanya

Niken Purnamasari - detikNews
Viral Video Telur Palsu Beredar di Mataram, Ini Faktanya Foto: Screenshot Video YouTube
Jakarta - Viral video seorang pria yang menyebut adanya telur palsu yang beredar di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Dia mencoba membuktikan dengan memecahkan telur itu dan menemukan adanya selaput putih yang diduga karet. Pihak kepolisian memberikan penjelasan terkait video viral itu.

Dalam video berdurasi dua menit tersebut, terdengar suara pria yang menyebut bahwa telur yang ditemukannya di sebuah warung adalah palsu. Dia menunjukkan adanya dua kuning telur serta selaput putih yang disebutnya sebagai karet.

"Ini telur palsu. Dalamnya karet. Banyak beredar telur palsu di daerah Lombok. Coba dipecahkan ulang," ujar suara seorang pria di dalam video.

Kemudian telur itu dipecahkan dan pria tersebut mengambil selaput putih yang ada di dalam telur.

"Lapisannya ini karet. Kalau kita robek agak keras. Ini adalah karet di balik kuning telur bisa berisi dua. Baunya juga nggak amis. Tolong hati-hati. Sudah masuk telur palsu di Pulau Lombok," kata pria itu.

Pihak kepolisian kemudian langsung menyelidiki kabar soal peredaran telur palsu tersebut. Setelah dilakukan pengecekan, tidak ada indikasi bahwa telur tersebut palsu.

"Kami melakukan pengecekan terkait beredarnya video yang menayangkan bahwa adanya penyuplai telur ayam ras palsu di wilayah Ampenan. Setelah dilakukan pengecekan dengan cara memecahkan telur tersebut di kantor Polsek Ampenan, ternyata telur - telur itu asli dan tidak ditemukan indikasi adanya telur palsu," ujar Kapolsek Ampenan Kompol I Wayan Suteja SH, dilihat detikcom dari laman resmi Polda NTB, Jumat (23/2/2018).
(nkn/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed