Sudah di Jakarta, Novel Baswedan Segera Diperiksa Polisi

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 23 Feb 2018 14:39 WIB
Novel Baswedan (Sams/detikcom)
Jakarta - Polda Metro Jaya berencana memeriksa kembali penyidik KPK Novel Baswedan terkait kasus penyerangan air keras. Keterangan Novel dibutuhkan untuk melengkapi pemeriksaan yang telah dilakukan di Singapura.

"Ya tentu penyidik akan memanggil nanti, ada beberapa pertanyaan di mana di Singapura ada beberapa pertanyaan yang belum dijawab dan akan kita tanyakan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro, Jalan Sudirman, Jakarta, Jumat (23/2/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Argo tak menjelaskan secara detail keterangan yang akan digali penyidik ke Novel. Kata Argo, penyidiklah yang mempunyai kewenangan menentukan pertanyaan ke Novel.

"Nanti penyidik yang beri tahu itu materi. Nanti kita sampaikan," ujarnya.




Soal jenderal polisi yang diduga terlibat dalam kasus itu, Argo meminta semua pihak tak berasumsi. Menurutnya, perlu ada bukti kuat untuk membuktikan dugaan tersebut.

"Kan sudah kita tanyakan (ke Novel) dan dia menyebut seseorang, maka kita perlu tanyakan apakan betul atau hanya asumsi. Nanti misalnya betul melanggar hukum nanti kita kumpulkan bukti-buktinya. Kalau misalnya asumsi ya bisa menuduh orang dimana tidak boleh karena akan melanggar," papar Argo.

Novel diteror selepas salat subuh di masjid kompleks rumahnya pada 11 April lalu. Sepuluh bulan berlalu, kasus tersebut belum menemui titik terang.

Novel saat ini telah kembali dari Singapura setelah menjalani perawatan mata. Saat tiba di Indonesia, dia sempat ke KPK dan disambut pegawai serta pimpinan KPK. (knv/rvk)