DetikNews
Jumat 23 Februari 2018, 07:17 WIB

Anjing Dilempar untuk Santapan Buaya, Animal Defender: Sangat Sadis!

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Anjing Dilempar untuk Santapan Buaya, Animal Defender: Sangat Sadis! Pria melemparkan anjing ke sungai untuk santapan buaya di Bangka (Dok. Screenshot Youtube)
Jakarta - Video seorang pria melemparkan anjing untuk santapan buaya ke sungai di Kabupaten Bangka jadi viral di media sosial. Animal Defender Indonesia menilai itu sebagai perbuatan sadis karena anjing bukan mangsa wajar buaya.

"Sangat sadis. Jadi di alam bebas sana yang menjadi mangsa buaya adalah tetap hewan-hewan yang ada dalam lingkungan buaya, tidak mungkin dia menerkam merpati karena mereka tidak bersinggungan dengan marpati, tidak bersinggungan dengan kucing, dan anjing. Bukan karena dia anjing lalu kita bela tapi ini adalah kepatutannya," kata Pemilik Animal Defender Doni Herdaru Tona kepada detikcom, Kamis (22/2/2018) malam.

Doni menilai perlu dibuat aturan hukum yang jelas terkait tindak penganiayaan terhadap binatang. Selain mencederai hewan, juga dapat menggangu kesinambungan lingkungan.

"Ini jelas bermasalah. Sikap ini sangat mengganggu terhadap lingkungannya, jadi kita perlu perundangan untuk bisa menegakkan hal ini. Kalau kita lapor Polisi, kita diketawain, berapa kali saya lapor Polisi saya diketawain akhirnya mandek," ujarnya.


Menurutnya, orang yang memperlakukan hewan secara tak wajar itu biasanya punya latar belakang primitif. Mereka biasanya sudah terbisa bersikap kasar kepada hewan.

"Latar belakang dari sifat kejam seperti ini karena mereka dibesarkan dari lingkungan yang primitif, sikap yang abusive kepada hewan, misalnya kusing, anjing. Nah produk-produknya adalah anak-anak yang lahir dengan sikap yang mendongkol, harusnya anak dididik baik, respect kepada binatang sehingga tidak terjadi hal seperti ini," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, di dalam video yang diunggah di Youtube tampak seorang pria mengenakan kaos putih dan celana pendek melempar anjing dalam keadaan hidup ke sungai. Di permukaan air, anjing tersebut tampak berupaya bertahan. Tak lama, anjing itu disambar buaya.


Kapolsek Belinyu AKP Iman Teguh membenarkan kejadian tersebut di sungai di daerah Belinyu, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung. Namun polisi belum memastikan kapan video itu dibuat.

Menurutnya, tidak ada unsur pidana dari perbuatan melempar anjing untuk santapan buaya. Polisi mengimbau masyarakat tidak melakukan hal serupa.

"Nggak (nggak ada unsur pidana). Mungkin imbauan saya, untuk hewan itu jangan di-'ini', misalnya anjing, kalau misalnya bangkai, ya nggak apa-apa, ini masih hidup," ujarnya, Kamis (22/2).

[Gambas:Video 20detik]


(abw/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed