DetikNews
Kamis 22 Februari 2018, 18:04 WIB

Novel Baswedan: Mata Kiri Belum Bisa Melihat, Mata Kanan Berkabut

Indra Komara - detikNews
Novel Baswedan: Mata Kiri Belum Bisa Melihat, Mata Kanan Berkabut Novel Baswedan tiba di rumah. (Indra Komara-detikcom)
Jakarta - Penyidik KPK Novel Baswedan mengungkapkan kondisi terkini kesehatan kedua matanya. Novel menyebut mata kirinya masih bisa belum melihat.

"Mata kiri saya sekarang belum bisa melihat sama sekali, mata kanan saya bisa melihat tetapi berkabut. Kadang saya melihat seseorang pun yang saya kenal dengan jarak 60 meter itu saya nggak bisa tahu itu siapa," kata Novel di Masjid Al Ihsan, Jalan Masjid Al Ihsan RT 03 RW10, Pegangsaan dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (22/2/2018).

Meski demikian, Novel mengaku kondisi matanya terus membaik. Dia berharap operasi tahap dua yang direncanakan bulan Maret atau April bisa membuat kualitas pengelihatan mata kirinya bertambah.

"Tapi semakin hari semakin membaik dan semoga setelah oprasi tahap dua nanti bisa melihat, oleh karena itu saya ingin prioritas pengobatan sehingga penyembuhan mata kiri saya bisa optimal itu yang saya harapkan," ujarnya.

"Saya tidak harapakan keadaan saya begini terus. Saya harap ke depan saya cepat sembuh dan tentunya ketika saya sembuh saya bisa seperti sebelumnya," sambung Novel.

Sebelumnya Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menjelaskan perihal perkembangan kesehatan Novel. Novel telah menjalani penanaman selaput kulit di selaput mata. Perkembangannya baik sehingga Novel bisa pulang.

"Jadi kondisi kesehatan Novel itu mata sebelah kirinya itu masih rusak. Kemarin beberapa minggu yang lalu sudah ditanam selaput dari kulit bibir bawah diambil kemudian ditanamkan kulit bibir itu menjadi selaput mata. Nah pertumbuhannya positif beberapa hari ini, kemudian pertumbuhan yang positif itu membuat Novel bisa kembali ke sini," kata Dahnil.
(idn/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed