#NovelKembali Setelah Mata Kirinya Ditanam Kulit Bibir

Indra Komara - detikNews
Kamis, 22 Feb 2018 13:50 WIB
Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak di rumah Novel Baswedan. (Indra/detikcom)
Jakarta - Penyidik KPK Novel Baswedan sudah kembali ke Indonesia. Novel bisa kembali ke Tanah Air setelah dokter menanamkan kulit bibir untuk menjadi selaput mata kiri Novel.

[Gambas:Video 20detik]


"Kemarin beberapa minggu yang lalu sudah ditanam selaput dari kulit bibir bawah diambil kemudian ditanamkan kulit bibir itu menjadi selaput mata. Nah pertumbuhannya positif beberapa hari ini, kemudian pertumbuhan yang positif itu membuat Novel bisa kembali ke sini," kata Ketum PP Muhammadiyah Dahnil Anzar di Jalan Deposito T8 RT 03 RW 10, Kelapa Gading, Pegangsaan Dua, Jakarta Utara, Kamis (22/2/018).

Dahnil tiba di kediaman Novel pada pukul 12.53 WIB. Dia sebelumnya ikut menjemput Novel dari Singapura menuju Jakarta.


Meski sudah kembali ke Jakarta, Dahnil menyebut Novel belum sembuh total. Mata kiri Novel, kata Dahnil, belum bisa melihat.

"Jadi Novel belum sembuh sama sekali, mata kirinya belum bisa melihat sama sekali. Kenapa Novel pulang? Karena memang jadwal operasi novel itu di bulan April nanti, operasi besarnya. Jadi mata Novel itu harus ditambahkan implan kornea," ujarnya.


Sementara itu, kondisi mata kanan Novel, diceritakan Dahnil, sudah bisa melihat. Hanya, harus dibantu hard lense agar penglihatan mata kanan Novel jelas.

"Jadi Novel akan kembali kita nggak tahu juga apakah 2 atau 3 minggu ke depan Novel harus periksa lagi ke Singapura. Nah dari situ akan ditentukan tanggal operasi untuk bukan April," jelasnya. (idn/idh)