DetikNews
Kamis 22 Februari 2018, 11:24 WIB

Jembatan Terserempet Kapal, Dermaga I Merak Tak Beroperasi Sebulan

M Iqbal - detikNews
Jembatan Terserempet Kapal, Dermaga I Merak Tak Beroperasi Sebulan Foto: ist.
Cilegon - Dermaga I Pelabuhan Merak, Banten, tidak dapat beroperasi selama 1 bulan ke depan. Sebabnya, side ramp dermaga (jembatan penghubung kapal dengan dermaga) tersebut mengalami kerusakan akibat disenggol kapal KMP Suki 2 pada Selasa (19/2) kemarin.

KMP Suki 2 menyenggol side ramp sekitar pukul 14.15 WIB saat kapal tersebut sedang olah gerak hendak berangkat ke Pelabuhan Bakauheni. Alhasil, side ramp mengelami kerusakan hingga Dermaga I tidak dapat beroperasi.

"Kejadian itu saat KMP Suki 2 sedang olah gerak keluar dari dermaga I, haluannya menyenggol side ramp dermaga I sehingga mengalami kerusakan pada sidetream itu sendiri. Dan tidak bisa dioperasikan sidetreamnya," kata Manager Usaha Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Rudy Mahmud kepada wartawan, Kamis (22/2/2018).

Atas kerusakan itu, pihak ASDP sudah mengonfirmasi kepada perusahaan pelayaran kapal tersebut untuk menanggung semua kerusakan dengan memperbaiki side ramp tersebut.

"Pihak perusahaan mengatakan bahwa hari Jumat nanti perbaikan sudah mulai dilakukan. Adapun estimasi pengerjaan perbaikan sidetream sendiri akan memakan waktu kurang lebih satu bulan," ujarnya.

Meski demikian, Rudy mengatakan, pihaknya tidak mengetahui pasti apakah ada kelalian dari nakhoda. Yang ia tahu, dari keterangan pihak kapal senggolan itu akibat angin kencang.

"Kita tidak bisa menyimpulkan itu (kelalaian nahkoda),kalau kata pihak kapal sih saat kejadian tiba-tiba ada angin kencang," ungkapnya.

Kerusakan side ramp itu diketahui di bagian jembatan, lidah side ramp dan hidrolic hingga tidak bisa digunakan lagi. Skala kerusakan dinilai berat hingga tidak dapat beroperasi 1 bulan ke depan.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed