DetikNews
Kamis 22 Februari 2018, 08:50 WIB

Ular Sanca Masuk KA Kertajaya, KAI Akan Perketat Pemeriksaan

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Ular Sanca Masuk KA Kertajaya, KAI Akan Perketat Pemeriksaan Ilustrasi ular sanca batik. Foto: M Rofiq
Jakarta - Seekor ular sanca batik tiba-tiba muncul di gerbong KA Kertajaya jurusan Surabaya-Jakarta dan bikin kaget penumpang. PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan memperketat pemeriksaan penumpang yang membawa hewan piaraan.

"Itu juga sudah dilakukan pemeriksaan tapi karena ditutup rapat sehingga demikian," kata Humas PT KAI Agus Komarudin saat dikonfirmasi detikcom, pada Rabu 21 Februari 2018 malam hari.

Menurut Agus, biasanya penumpang yang mencoba bawa hewan peliharaan bisa terdeteksi. Biasanya mereka membawa kardus yang dibolongi. Namun kali ini, Agus menduga kondisi kardus untuk membawa ular sanca tersebut tertutup rapat.

"Namanya penumpang, namanya sembunyi-sembunyi kan tidak terdeteksi petugas," ujar Agus.

Pemeriksaan di stasiun berbeda dengan di bandara yang sudah dilengkapi x-ray. Namun, Agus mengatakan ada wacana agar di stasiun juga ada peralatan serupa.

"Kalau x-ray kami memang belum ada. Ke depannya, bisa sih ya tapi kami masih wacana. Nah ini paling kami juga pengawas stasiun diperketat lagi sehingga hal serupa tak terulang. Kami juga memohon maaf atas ketidaknyamanan penumpang atas kejadian ini," ungkap Agus.

Sebelumnya ular jenis sanca batik di gerbong KA Ekonomi Kertajaya jurusan Surabaya-Jakarta menggegerkan penumpang kemarin. Ular tersebut kini diamankan di Stasiun Tegal, Jawa Tengah. Belum diketahui siapa pemilik ular tersebut.


(bag/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed