DetikNews
Kamis 22 Februari 2018, 03:00 WIB

31 Kali Beraksi, 3 Jambret Muda Ditangkap Polisi di Makassar

Reinhard Soplantila - detikNews
31 Kali Beraksi, 3 Jambret Muda Ditangkap Polisi di Makassar Ketiga jambret saat diamankan polisi. (Foto: dok. Istimewa)
Makassar - Polisi mengamankan tiga pemuda di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Mereka dikenal sebagai raja jambret, yang kerap meresahkan warga di Kota Makassar.

Ahmad Dahlan (19), Nur Hidayat (24), dan Muhammad Fitrawansyah (23), pelaku kejahatan pencurian disertai kekerasan ini, dibekuk oleh Tim Resmob Polda Sulsel di Jalan Toddopuli 10, Makassar.

Menurut Kanit Resmob Polda Sulsel AKP Edy Sabhara, ketiga pelaku ini terkenal dengan aksi kejahatannya di sekitar Kecamatan Manggala, dengan melakukan jambret sebanyak puluhan kali.

"Dari hasil penyelidikan, kami tangkap ketiga tersangka (jambret) ini pada Selasa (20/2) malam. Dari pengakuan ketiganya, mereka telah menjambret 31 kali," ujar AKP Edy Sabhara, Rabu (21/2/2018) malam.

Lanjut Edy, selain mengamankan ketiga pelaku, Tim Resmob Polda Sulsel menyita sejumlah barang bukti yang digunakan pelaku dalam beraksi.

"Kami juga berhasil menyita satu unit sepeda motor dan handphone yang digunakan tersangka untuk melakukan jambret," lanjutnya.

Untuk barang bukti hasil kejahatan ketiga pelaku ini, hingga kini masih dalam pencarian polisi. Sebab, seluruh barang hasil jambretan langsung dijual melalui transaksi di media sosial.

"Pada umumnya mereka merampas HP. Setelah berhasil, dijual oleh tersangka melalui transaksi via media sosial," ucap AKP Edy Sabhara.

Guna proses hukum lebih lanjut, ketiga pelaku jambret ini langsung diserahkan ke Mapolsek Manggala sesuai laporan polisi terkait aksi kejahatan mereka. Ketiga pelaku terancam Pasal 365 terkait pencurian disertai kekerasan, dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.
(bag/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed