DetikNews
Kamis 22 Februari 2018, 00:36 WIB

Mendagri: 60% Masyarakat Mau Lagi Gubernur yang Sudah 2 Periode

Mukhlis Dinillah - detikNews
Mendagri: 60% Masyarakat Mau Lagi Gubernur yang Sudah 2 Periode Mendagri Tjahjo Kumolo (Rengga Sancaya/detikcom)
Bandung - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengapresiasi dedikasi gubernur yang saat ini sudah menjabat dua periode. Menurutnya, masyarakat cukup puas terhadap kinerja 'gubernur senior' tersebut.

"Saya sering bilang, kalau gubernur sudah dua periode, ini gubernur senior. Mereka ini lagi di puncak-puncaknya," kata Tjahjo dalam pidatonya saat membuka Rakernas III Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Soebroto, Kota Bandung, Rabu (21/2/2018) malam.

Ia mengaku melakukan survei terhadap kinerja kepala daerah yang menjalankan tugas selama dua periode. Hasilnya, 60 persen masyarakat cukup puas dan masih menginginkan kepala daerah itu menjabat lagi.

"Kita survei 60 persen masyarakat mau lagi (gubernur) yang sudah dua periode ini (menjabat)," tutur dia.

Menurutnya, tingkat kepuasan masyarakat ini muncul lantaran janji-janji kampanye mereka hampir seluruhnya terpenuhi. Ia berharap pemimpin selanjutnya juga bisa mengikuti jejak pendahulunya nanti.

"Hampir 90 persen janji-janji kampanye terpenuhi. Saya harap penggantinya bisa lebih baik nanti," kata Tjahjo.

Seperti diketahui, ada beberapa kepala daerah yang hampir purnatugas setelah menjabat dua periode, di antaranya Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Gubernur NTT Frans Lebu Raya, dan Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi.
(bag/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed