DetikNews
Rabu 21 Februari 2018, 18:45 WIB

Jaksa Agung akan Mendapatkan Gelar Doktor HC dari Undip

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jaksa Agung akan Mendapatkan Gelar Doktor HC dari Undip Jaksa Agung HM Prasetyo (Lamhot Aritonang/detikcom)
Semarang - Jaksa Agung Muhammad Prasetyo akan mendapatkan gelar kehormatan doktor honoris causa oleh Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Itu adalah gelar dalam bidang ilmu hukum.

Rektor Undip Profesor Yos Johan mengatakan usulan pemberian gelar itu sebenarnya sudah dilakukan sejak dua tahun yang lalu. Menurutnya, Prasetyo kala itu masih menolak karena kerendahan hatinya.

"Usulan sudah sejak 2016, tapi beliau menolak. Dengan rendah hatinya mengatakan, 'Apa saya pantas?,'" kata Johan di gedung Widya Puraya Undip, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (21/2/2018).

Penggagas sekaligus promotor, Prof Muladi, mengatakan gelar diberikan karena jasa Prasetyo di bidang hukum. Selain itu, pengamatan sejak Prasetyo menjadi Jaksa Agung yang dianggap bertanggung jawab.

"Beliau bekerja mengedepankan pada kinerja yang utama, memiliki sifat universal yang menghormati hak dasar manusia," kata Muladi.

Sementara itu, Prasetyo merasa terhormat mendapatkan gelar tersebut. Saat memberikan sambutan, ia sempat teringat pada guru besar emeritus hukum, Satjipto Rahardjo, dan matanya berkaca-kaca.

"Maaf, saya sulit mengendalikan emosi," kata Prasetyo setelah menyebut nama guru besar itu.

"Saya tidak pernah bermimpi sebelumnya mendapatkan gelar kehormatan," imbuhnya.

Prasetyo sudah melewati standar penilaian dan akan dikukuhkan menerima gelar kehormatan pada Kamis (22/2) besok. Pengukuhan akan dilakukan di gedung Prof Sudarto Undip.
(alg/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed