DetikNews
Rabu 21 Februari 2018, 17:53 WIB

Bareskrim Selidiki Kelompok Mirip Saracen di Jawa Barat

Denita Matondang - detikNews
Bareskrim Selidiki Kelompok Mirip Saracen di Jawa Barat Gedung Bareskrim (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Bareskrim menduga ada kelompok ujaran kebencian dan berita bohong mirip Saracen di Jawa Barat. Kelompok ini disinyalir muncul berkaitan dengan pilkada serentak mendatang.

"Kami mensinyalir menduga kuat ada kelompok yang menyerupai Saracen. Insyallah tidak dalam waktu lama akan kami ungkap," kata Kepala Patroli Satgas Siber Bareskrim Polri Kombes Irwan Anwar di gedung Siber Bareskrim, Cideng, Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2018).


Selain di Jawa Barat, kelompok ini akan beroperasi di Banten dan Jawa Timur. Kelompok ini diduga akan menyebarkan informasi mengenai penculikan ulama, tokoh agama, dan isu kebangkitan PKI.

Bareskrim memang menangkap 18 orang dari Banten, Jawa Barat, Jakarta Timur, Lampung, dan Sumatera Utara sepanjang 2018. Dari jumlah itu, 8 orang diduga berhubungan dengan kelompok mirip Saracen tersebut.

"Kami menduga ada kelompok menyerupai Saracen. Bahkan dari jaringan itu, mereka sudah ada 8 orang yang kami proses. Yang lainnya hanya menyebar ke grup WhatsApp dan media sosial," ujarnya.

[Gambas:Video 20detik]


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed