DetikNews
Rabu 21 Februari 2018, 16:58 WIB

Ini Nomor Urut Pilgub Papua Lukmen Vs Josua

Wilpret Siagian - detikNews
Ini Nomor Urut Pilgub Papua Lukmen Vs Josua
Jayapura - KPU Papua melakukan pengundian nomor untuk kandidat peserta pilkada. Jalannya pengundian berlangsung dinamis dan meriah.

Pasangan Lukas Enembe-Klemen Tinal (Lukmen) mendapat nomor urut 1, sedangkan pasangan John Wempi Wetipo-Habel Melkias Swae (Josua) mendapat nomor urut 2.

Pengundian diawali dengan pengambilan nomor undian oleh masing-masing calon wakil gubernur. Setelah dibuka, nampak Klemen Tinal memegang bola dengan nomor urut 2 dan Habel Melkias Swae memegang bola nomor 1.

Dilanjutkan dengan pengambilan nomor urut oleh kedua calon gubernur, yaitu John Wempi Wetipo dan Lukas Enembe, yang disimpan dalam sebuah tifa kecil berwarna hitam. Setelah dibuka, hasilnya menunjukkan John Wempi memegang kertas dengan nomor urut 2, sedangkan Lukas Enembe memegang kertas nomor urut 1.

Saat kertas nomor urut dibuka, tim sukses dan tim koalisi yang berada di lokasi bersorak dan meneriakkan nomor urut sambil memegang pamflet yang sudah disiapkan. Kegiatan ini berlangsung di halaman kantor KPU Provinsi Papua, Jalan Soa Siu Dok II, Kota Jayapura, Rabu (21/2/2018).

Ketua KPU Papua Adam Arisoi memberikan kesempatan kepada kedua calon Gubernur Papua untuk memberikan komentar terhadap nomor urut yang didapatkan tiap calon.

"Semua nomor baik dan kita berpengalaman di Pilkada 2013 di mana ada 6 pasang calon, saat saya mengambil nomor 1-6, saya dapat nomor 3 dan saya terpilih. Saat ini hanya ada dua pasangan calon bertarung, saya tidak punya mimpi apa pun, tetapi saat ambil nomor, saya dapat nomor 1, berarti itulah yang terbaik," katanya.

Sebagai petahana, Lukas mengatakan dia bersama wakilnya, Klemen Tinal, sudah memimpin Papua selama 4,8 tahun dan dia berpikir nomor satu adalah terdepan dan terbaik.

"Kalau kami mau lanjutkan satu kali saja, tetapi UU mengatakan bisa 10 tahun, maka saya dan wakil gubernur akan melanjutkan kepemimpinan ini," katanya disambut tepuk tangan pendukungnya dari sepuluh partai.

"John Wempi itu adik saya, dia lebih muda dari saya kakak, kalau Pak Habel itu sudah pernah kita lawan dan kami menang, jadi kita nanti buktikan pada pemilihan tanggal 24 Juni, saya harap kita jaga keamanan jangan mencederai demokrasi," katanya.

Sementara itu, John Wempi, yang diberi kesempatan, mengatakan hari ini tanggal 21 sehingga angka itu tidak bisa dibalik. Dan hari ini, di hadapan Tuhan dan masyarakat Papua, angka 2 adalah keberuntungan.

"Benar Lukas Enembe itu kakak saya karena dia lebih tua, bahkan dia yang mengajari saya untuk berpolitik. Kalau dulu saya yang menjadi ketua tim pemenangan Lukmen, tetapi saat ini saya yang menjadi saingan dalam Pilkada 2018," ujarnya.

"Saya mengambil Pak Habel menjadi wakil saya, karena Habel itu bapak saya yang akan membimbing saya menjadi Gubernur Papua 5 tahun ke depan," katanya.
(asp/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed