DetikNews
Rabu 21 Februari 2018, 15:08 WIB

Presiden Jokowi akan Buka Festival Shalawat Nusantara Piala Presiden

Yulida Medistiara - detikNews
Presiden Jokowi akan Buka Festival Shalawat Nusantara Piala Presiden Konpers rencana pelaksanaan Festival Shalawat Nusantara Piala Presiden (Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membuka Festival Shalawat Nusantara Piala Presiden. Acara yang digelar setingkat nasional ini akan dibuka pada Sabtu (24/2) nanti di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor.

"Acara ini puncaknya kan dibuka tanggal 24 Februari di SICC. Insyaallah akan dihadiri presiden dan dibuka sekaligus oleh beliau," kata salah satu inisiator acara, Nusron Wahid, di Restoran Batik Kuring, Jakarta Selatan, Rabu (21/2/2018).

Pihak yang juga menjadi insiator festival ini adalah Ketua PP Rabithah Ma'ahid Islamiyah (asosiasi pesantren) NU Abdul Gaffar Rozin (Gus Rozin), Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Asep Irfan Mujahid, dan Ketua Umum DPP Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Lukman.

Nusron mengatakan festival selawat itu akan digelar dari tingkat kecamatan hingga provinsi. Lomba ini digelar untuk memperluas pengenalan selawat Nabi Muhammad SAW dan untuk meningkatkan rasa cinta sesama.

"Tujuannya dalam rangka membumikan selawat dan cinta kepada nabi di tanah air ini supaya antar-sesama bangsa umat saling mencintai satu sama lain," kata Nusron.

Lomba ini dibuka untuk berbagai kalangan dari mulai santri, pelajar, remaja masjid, hingga umum. Peserta akan dibagi per kelompok atau satu grup minimal 12 orang dan maksimal 20 orang. Pemenang lomba di tingkat provinsi akan diberi hadiah umrah.

Festival selawat itu akan digelar dari tingkat kecamatan hingga provinsiFestival selawat itu akan digelar dari tingkat kecamatan hingga provinsi. (Yulida Medistiara/detikcom)

"Pemenangnya di tingkat provinsi akan mendapat hadiah umrah," ujarnya.

Peserta diwajibkan membawakan dua selawat wajib dan selawat pilihan yang menggunakan ciri khas lagu daerah. Penutupan acara akan digelar di Gelora Bung Karno pada Desember mendatang.

"Penutupan sudah selesai dari Asian Games. Mudah-mudahan dengan selawat tidak ada rusak-merusak stadion yang baru tersebut," ujarnya.

Pada acara final, Jokowi akan dijadwalkan hadir di enam titik, yaitu Bogor, Bekasi, Aceh, Banten, Sumbar, dan NTB. Sedangkan pergelaran final di 16 titik, seperti di Garut, masih tentatif.

"Beliau (Jokowi) merespons sangat baik, bahkan kemungkinan kalau memang waktunya cocok beliau akan hadir di 16 titik di final kabupaten, tapi masih tentatif. Yang sudah pasti datang di final 5 titik itu sudah konfirmasi," ujarnya.
(yld/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed