Desain Trotoar Sudirman-Thamrin Dipublikasikan Akhir Februari

Mochamad Zhacky - detikNews
Rabu, 21 Feb 2018 14:13 WIB
Foto: Indra Komara/detikcom
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mempublikasikan desain trotoar Jalan Sudirman-Thamrin akhir Februari 2018. Anies mengatakan desain trotoar yang ada di dua jalan protokol itu sudah semakin matang.

"Betul, (desain trotoar Sudirman-Thamrin) memang sudah jadi rancangannya tapi perlu pematangan. Anda tahu persis kan gaya saya pendekatannya? Dimatangkan dulu, semuanya beres, baru diumumkan. Ya, mudah-mudahan akhir bulan ini (Februari dipublikasikan)," kata Anies saat dimintai konfirmasi, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (21/2/2018).



Namun, Anies enggan menjelaskan detail desainnya. Yang jelas, kata dia, desian trotoar di dua ruas jalan itu ramah untuk pejalan kaki.

"Yang jelas akan lebih membuat orang bisa berinteraksi. Warga bisa merasakan ini sebagai sebuah kota yang ramah bagi pejalan kaki, kota orang yang bekerja, berlalu lintas, dan berjalan semuanya, terfasilitasi dengan baik," papar Anies.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Yusmada Faizal sebelumnya memastikan trotoar Jalan Sudirman-Thamrin akan tetap diperlebar. Menurutnya, trotoar di jalan tersebut dapat dipakai untuk berbagai macam kegiatan.

"Trotoarnya itu bukan hanya untuk pejalan kaki. Setelah empat lajur itu, dibatasi dulu dengan yang namanya jalur hijau, 3,7 meter. Itu nanti tempat pohon, strip furniture, segala macam, shelter, lampu-lampu baru trotoar," beber Yusmada di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, 11 Oktober 2017.



(zak/aan)