DetikNews
Rabu 21 Februari 2018, 12:29 WIB

Polisi Usut Pidana di Kasus Ambruknya Kepala Tiang Tol Becakayu

Audrey Santoso - detikNews
Polisi Usut Pidana di Kasus Ambruknya Kepala Tiang Tol Becakayu Foto: Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal. (Audrey-detikcom)
Jakarta - Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri akan bolak-balik mengunjungi lokasi ambruknya bekisting pierhead Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Bekacayu). Ini untuk memastikan apakah ada kelalaian manusia atau murni kecelakaan.

"Hari ini mungkin (Puslabfor) akan kembali (ke TKP), untuk beberapa hari ke depan. Tentunya untuk menemukan apakah ada unsur perbuatan melawan hukum, apa ada unsur kelalaian di situ. Sampai saat ini belum tuntas," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Mohammad Iqbal di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (21/2/2018).

Menurut Iqbal keterlibatan penegak hukum pascaperistiwa dan analisa sebab ambruknya bekisting pierhead diperlukan.


"Prinsip bagi kami, akan lakukan proses pembuktian apakah karena perbuatan hukum atau kecelakaan. Itu adalah bukti bahwa kami hadir di tempat yang katakanlah milik publik," ujar Iqbal.

"Agar efek dominonya ada, bila ada kejadian lain atau tidak terjadi lagi karena adanya hukum," sambungnya.


Berdasarkan laporan yang diterima, lanjut Iqbal, sebanyak empat orang saksi telah diperiksa. Pemeriksaan dilakukan sambil menunggu hasil pemeriksaan Labfor.

"Hari ini saya komunikasi Kapolres Jaktim, baru empat saksi (yang diperiksa). Saksi TKP, saksi pimpinan proyek, nanti mudah-mudahan kalau Labfor sudah selesai, Labfor kita mintai keterangan," ucap dia.


Iqbal melanjutkan, ahli independen dan kementerian terkait, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, nantinya juga akan dimintai keterangan.

"Saksi ahli independen dan juga (saksi) yang melakukan bertanggung jawab, kementerian terkait, departemen terkait akan dimintai keterangan," tutup Iqbal.

[Gambas:Video 20detik]


(aud/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed