DetikNews
Rabu 21 Februari 2018, 01:04 WIB

Cek Manifes Pesawat dari Arab Saudi, Polisi: Nama Habib Rizieq Nihil

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Cek Manifes Pesawat dari Arab Saudi, Polisi: Nama Habib Rizieq Nihil Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Polisi memastikan imam besar Front Pembela Islam Habib Rizieq Syihab batal pulang ke Indonesia pagi ini. Polisi mengatakan tidak ada nama Habib Rizieq dalam manifes penumpang pesawat dari Arab Saudi menuju ke Indonesia pagi ini.

"Dari Angkasa Pura sudah menyampaikan, terkait dengan manifes dari semua maskapai Saudi Arabia itu tidak, baik Habib maupun keluarganya tadi sudah disampaikan nihil, baik Garuda, baik Saudi Airlines," kata Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta Kombes Ahmad Yusep Gunawan saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (21/2/2018) dini hari.

Baca Juga: Foto: Suasana Tablig Akbar Penyambutan Habib Rizieq

Yusep menambahkan, saat ini situasi di area Bandara Soekarno-Hatta aman. Meski begitu, personel gabungan dari Polda Metro Jaya dan TNI tetap bersiaga di sekitar Bandara.

"Situasi aman, situasi objek vital, dalam hal ini Bandara Soekarno-Hatta. Hampir semua keterlibatan TNI, Pak Dandim, kemudian kepolisian, Polda. Semua menjaga pelayanan Bandara Soetta, agar tetap terjaga," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Persaudaraan Alumni 212 Slamet Maarif yakin Habib Rizieq Syihab pulang ke Indonesia. Slamet menyebut hingga saat ini belum ada informasi pembatalan kepulangan Rizieq.

"Memang betul karena saat ini belum ada informasi dari mulutnya sendiri. Bahkan tadi, sekitar setengah jam yang lalu, beliau (berkomunikasi via) WA dengan saya, belum ada keputusan untuk membatalkan pulang ke Indonesia," kata Slamet saat ditemui di masjid Baitul Amal, Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (20/2).

Baca Juga: Polisi akan Amankan Tablig Akbar Penjemputan Habib Rizieq

Slamet mengatakan kepulangan Rizieq itu bisa dipastikan lewat daftar penumpang pesawat. Nantinya daftar penumpang pesawat itu bisa dicek pukul 23.25 WIB.

"Perhitungan kami, sekitar pukul 23.25 WIB itu take off Saudi Airlines, sehingga nanti pukul 23.25 WIB kita bisa melihat daftar penumpang di Saudi Airlines. Apakah beliau hadir atau tidak," imbuhnya.

Sementara itu, berbeda dengan Persaudaraan Alumni 212, Presidium Alumni 212 sampai saat ini belum menerima kabar mengenai kepulangan Habib Rizieq Syihab. Mereka yakin Habib Rizieq tidak akan pulang Rabu besok. Meski begitu, apabila benar Habib Rizieq pulang, Presidium 212 akan menyambutnya dengan gembira.

"Sekiranya benar beliau pulang, tentu kita turut menyambutnya dengan suasana sukacita. Yang menjadi syak wasangka kita semua di Presidium, berita terkait kepulangan dari HRS sampai detik ini belum ada penyataan langsung terkait kepulangannya dari beliau langsung. Itu persoalan tersendiri," kata juru bicara Presidium Alumni 212, Aminuddin, dalam keterangannya, Selasa (20/2).

"Kami (Presidium Alumni 212) berkeyakinan HRS tidak pulang, karena tidak ada kepastian dari beliau sampai hari ini," sambungnya.

Baca Juga: Maju Mundur Habib Rizieq
(fdu/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed