DetikNews
Selasa 20 Februari 2018, 23:42 WIB

Konjen RI Jenguk Dua Pelawak Jatim yang Ditahan di Hong Kong

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Konjen RI Jenguk Dua Pelawak Jatim yang Ditahan di Hong Kong Foto: Instagram
Jakarta - Konjen RI untuk Hong Kong Tri Tharyat menjenguk dua pelawak asal Jawa Timur, Yudho Prasetyo (Cak Yudho) dan Deni Afriandi (Cak Percil), yang ditahan terkait penyalahgunaan visa. Tri memastikan kondisi kedua pelawak tersebut dalam keadaan baik dan sehat.

Tri mengatakan Cak Percil dan Cak Yudho telah dikunjungi banyak rekan dari sesama warga Indonesia sejak ditahan pada 6 Februari lalu. Dia meminta kedua pelawak tersebut bersikap kooperatif dengan pihak otoritas Hong Kong menjelang sidang lanjutan pada 7 Maret mendatang.

"Saya berharap semoga dalam persidangan mendatang, kasus ini dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sehingga Cak Yudho dan Cak Percil dapat segera bebas dan berkumpul kembali dengan keluarganya di Tanah Air," ujar Tri dalam keterangan tertulisnya.

Sebagaimana diketahui, Cak Percil dan Cak Yudho kini berada di penjara Lai Chi Kok, Hong Kong. Keduanya ditangkap pada Minggu (4/2). Keduanya mulai disidang pada Selasa (6/2) lalu.

Keduanya didakwa telah melanggar UU Imigrasi Hong Kong dengan tampil melawak di sebuah acara dan menerima bayaran dengan hanya berbekal visa turis. Dua pelawak dari grup Guyon Maton itu digerebek saat baru akan memulai acara menghibur masyarakat WNI pada Minggu (4/2) di daerah Tsim Sha Tsui, Hong Kong.

UU Imigrasi Hong Kong melarang semua orang yang datang ke kota itu dengan visa turis untuk menjadi pembicara, penghibur, atau hadir di sebuah acara dengan menerima bayaran.

Jika datang ke sebuah acara dan menerima bayaran, orang yang bersangkutan tak cukup hanya berbekal visa turis. Orang tersebut harus mengajukan visa hiburan ke Imigrasi Hong Kong.

Untuk mendapatkan visa hiburan, orang yang bersangkutan harus memiliki organisasi sponsor atau penjamin yang berdomisili dan berizin resmi di Hong Kong dan membayar biaya yang sama dengan biaya visa kerja.

Sementara itu, visa turis tidak mengharuskan adanya sponsor dan diberikan secara cuma-cuma selama 30 hari untuk semua WNI yang bersangkutan akan masuk melalui gerbang imigrasi di bandara atau pelabuhan Hong Kong.
(fdu/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed