DetikNews
Selasa 20 Februari 2018, 20:06 WIB

Geledah Ruang Kerja Bupati Imas, KPK Sita Dokumen dan Komputer

Faiq Hidayat - detikNews
Geledah Ruang Kerja Bupati Imas, KPK Sita Dokumen dan Komputer Gedung KPK (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - Penyidik KPK menggeledah rumah dinas Bupati Subang Imas Aryumningsih di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Selain itu, KPK menggeledah ruang kerja Bupati Subang Imas Aryumningsih.

"Kasus suap terhadap Bupati Subang secara bersama-sama terkait pengurusan perizinan di Pemkab Subang. Penyidik hari ini (Selasa, 20/2) menggeledah tiga lokasi lagi terkait penyidikan kasus ini, yakni ruang kerja Bupati Subang dan rumah pribadi Bupati Subang (Imas) di Jalan Raya Tambak Dahan, Desa Tambak Dahan Nomor 182, Kecamatan Tambak Dahan, Kabupaten Subang," ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Selain rumah dinas Bupati Subang, KPK menggeledah ruang kantor DPMPTSP Subang, Kantor Dinas Bina Marga dan Pengairan Subang, serta kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Subang. Penggeledahan itu dilakukan oleh tiga tim secara paralel.


Atas penggeledahan itu, KPK menyita sejumlah dokumen dan barang bukti elektronik.

"Penggeledahan dilakukan oleh tiga tim secara paralel sejak pukul 10.00 WIB dan saat ini masih berlangsung. Sementara ini penyidik menyita sejumlah dokumen dan barang bukti elektronik (dari komputer)," ucap Febri.


Dalam kasus ini, Bupati Imas dijerat sebagai tersangka karena diduga menerima suap dari Miftahhudin. Suap itu diberikan terkait dengan pemberian izin pembuatan pabrik di wilayahnya.

Imas diduga dijanjikan perantara suap sebesar Rp 1,5 miliar untuk izin tersebut. Namun perantara suap meminta kepada pengusaha, yaitu Miftahhudin, sebesar Rp 4,5 miliar.

Dari commitment fee itu, realisasi pemberian suap yang diterima Imas dan dua orang lainnya, yaitu Data dan Asep, baru Rp 1,4 miliar. Uang tersebut untuk perizinan yang diajukan dua perusahaan, yakni PT ASP dan PT PBM.
(ams/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed