detikNews
Selasa 20 Februari 2018, 19:46 WIB

Moeldoko Bahas Kerja Sama Kopassus-Militer AS dengan Dubes AS

Ray Jordan - detikNews
Moeldoko Bahas Kerja Sama Kopassus-Militer AS dengan Dubes AS Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko bertemu dengan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan. Moeldoko mengatakan pertemuan itu salah satunya membahas kerja sama antara Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD dan militer AS.

Moeldoko mengaku menyampaikan kepada Donovan bahwa Kopassus memiliki kemampuan yang luar biasa untuk penanganan kejadian luar biasa.

"Saya sampaikan kepada mereka, Kopassus itu memiliki kapasitas yang sangat tinggi dalam mengatasi hal-hal yang bersifat extraordinary, ekstrasituasi. Jadi, kalau lingkungan ini membutuhkan Kopassus, akan sangat efektif," kata Moeldoko saat ditemui di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Dengan diadakannya kerja sama tersebut, situasi keamanan akan menjadi semakin baik. "Baik bagi kedua belah pihak maupun secara regional," katanya.

Moeldoko mengatakan sebenarnya kerja sama militer RI dengan AS sudah lama berlangsung. Evaluasinya juga dinilai bagus. Untuk yang kerja sama antara Kopassus dan militer AS, teknisnya akan diserahkan ke Mabes TNI.

"Cukup bagus. Kita punya beberapa materi dengan Amerika, baik Angkatan Laut, kepolisian, maupun Angkatan Darat," kata mantan Panglima TNI ini.
(rjo/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed