Soal Penyebab Kecelakaan Kerja Proyek, Wiranto: Butuh Penyelidikan

Ray Jordan - detikNews
Selasa, 20 Feb 2018 18:41 WIB
Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta - Kecelakaan kerja di proyek Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) terjadi dan melukai tujuh orang. Menko Polhukam Wiranto mengatakan kejadian itu diselidiki agar tak ada simpang siur informasi.

"Setiap kecelakaan, selalu ada unsur kepolisian yang menyelidiki. Yang meneliti. Apakah itu ada kesalahan teknis, apakah itu ada sesuatu yang dikatakan dengan human error, apakah itu proses struktur yang tidak sesuai dengan rencananya. Kan begitu," kata Wiranto saat ditemui di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (20/2/2018).


Termasuk adanya dugaan sabotase terhadap proyek tersebut. Wiranto mengatakan proses penyelidikan perlu dilakukan.

"Ini kan perlu penyelidikan, jangan mengira-ngira saja," katanya.

Wiranto juga mengatakan dirinya diberi tahu oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dengan banyaknya proyek infrastruktur yang dikerjakan, rasio angka kecelakaan juga tinggi.

"Sekarang apakah rasio itu seimbang dengan jumlah yang sekarang sangat besar sekali? Itu penjelasannya dari Menteri PUPR. Nanti penjelasan dari kepolisian lebih kepada penyebabnya apa. Tunggu tanggal mainnya kalau ini, nggak bisa ngarang sendiri. Kan banyak, berarti sabotase, belum tentu juga. Tapi bukan juga tidak mungkin seperti itu kan. Tunggu," ujarnya.

Wiranto mengingatkan jangan sampai muncul pendapat-pendapat pribadi yang akan menjadi hoax yang justru akan mengganggu ketenteraman masyarakat. "Opini publik yang seharusnya tidak usah diracuni itu. Kita berharap adanya suatu kondisi media yang bisa membangun ketenteraman, kedamaian, dan sebagainya," kata Wiranto.

[Gambas:Video 20detik]

(jor/gbr)